Jumat, 14 April 2017 07:35 WIB

China Ingin Palestina Merdeka

Editor : Yusuf Ibrahim
Menteri Luar Negeri China, Wang Yi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, menegaskan Palestina harus diizinkan untuk membangun sebuah negara merdeka.

Penegasan itu disampaikan setelah dirinya melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki di Beijing.

Dalam pernyataan pers bersama, Wang mengatakan, setelah 70 tahun resolusi PBB soal rencana untuk sebuah negara Yahudi, Palestina masih terus dicegah untuk memiliki negara mereka sendiri yang independen. Menurut Wang, ini adalah sesuatu yang tidak adil.

"Ini tidak adil. Ini semacam ketidakadilan sejarah yang harus dikoreksi. Hal ini tidak bisa berlanjut. Sudah waktunya untuk mengatasi inersia dan memulai kembali perundingan perdamaian Israel-Palestina," ucap Wang, seperti dilansir Channel News Asia pada Kamis (13/4).

Sementara itu, pada gilirannya Maliki mengatakan, Palestina menghargai dan menyambut baik upaya China untuk memfasilitasi perdamaian. Dia kemudian mendorong China untuk lebih berperan dalam proses perdamaian tersebut.

"Kami mendorong China untuk melakukan lebih dari pendekatan semacam ini, untuk melihat perdamaian akhirnya dicapai di wilayah kami," ucap Maliki.

Meski China adalah negara besar, namun mereka jarang terlibat dalam proses penyelesaikan konflik, khususnya di kawasan Timur Tengah.

Salah satu alasannya adalah China memiliki sedikit pengalaman mengatasi ketegangan agama dan politik yang sering terjadi di wilayah tersebut.(exe/ist)


0 Komentar