Selasa, 18 April 2017 21:38 WIB

Essien dan Cole Dilarang Tampil

Editor : Yusuf Ibrahim
Michael Essien dan Carlton Cole. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Michael Essien dan Carlton Cole dipastikan absen memperkuat Persib Bandung dalam laga kedua Liga 1 2017 melawan PS TNI di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (22/4/2017).

Hal tersebut terjadi lantaran kedua mantan pemain Chelsea tersebut belum mengantongi Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas). 

PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) belum mengajukan pengurusan Kitas ke Kantor Imigrasi Kelas I Bandung.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, Maulia Purnamawati, mengatakan pihaknya telah meminta pihak sponsorship -dalam hal ini PT PBB- untuk mengurus Kitas terlebih dahulu sebelum kedua marquee player tersebut bermain di Liga 1 2017.

"Kalau belum selesai (Essien dan Cole) tidak boleh bermain (Liga 1)," kata Maulia dalam konferensi pers di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, Jalan Surapati, Selasa (18/4/2017).

‎Dijelaskan, pengurusan Kitas ini dapat dilakukan setelah PT PBB mengajukan penerbitan Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) yang dikeluarkan Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia (Kemenaker).

Sementara hingga saat ini, PT PBB belum mengajukan permohonan Alih Status Izin Tinggal Kujungan ke Kitas. Sedang untuk bekerja sebagai pemain profesional, Essien dan Cole diwajibkan mengantongi Kitas.

Untuk pengajuan IMTA, penjamin kedua pemain, yakni PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), harus mendapatkan rekomendasi dari PSSI dan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) sebagai persyaratan. ‎"Katanya mereka sudah mengajukan untuk pengurusan IMTA, tapi sampai hari ini belum terbit juga," katanya. 

Sementara ‎berdasarkan  Menkumham No. 43 Tahun 2015, prosedur teknis alih status izin tinggal kunjungan menjadi izin tinggal terbatas (Kitas) membutuhkan waktu pengurusan selama 11 hari kerja.

Seperti diketahui kedua pemain asing ini pernah merumput dalam laga I pada Sabtu 15 April 2017, dimana saat itu laga pertandingan yang berlangsung antara Persib Bandung kontra Arema Malang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Menurut Maulia, seharusnya kedua pemain tersebut tak diperbolehkan main, pasalnya mereka belum mengantongi Kitas.

Selama ini kedua pemain asing tersebut baru mengantongi izin kunjungan saja, dimana izin tersebut hanya berlaku selama 60 hari sejak mereka tiba di indonesia. Berdasarkan catatan imigrasi, Essien tiba ke Indonesia pada 27 Maret 2017, sedang Cole tiba pada tanggal 12 April 2017. 

"Yang jelas PT PBB harus mengurus Kitas dulu sebelum keduanya bermain lagi nanti. Kalau nanti memaksakan menurunkan Essien dan Cole, akan kami layangkan peringatan keras secara tertulis," tegasnya.

Dikatakan, Kantor Imigrasi Kelas I Bandung ‎sangat menjunjung tinggi peraturan yang berlaku, namun dalam hal ini perlu didudukan permasalahan secara benar.Menurutnya, permasalahan ini bukan hanya di Persib Bandung saj, melainkan permasalahan seluruh Klub yang mempekerjakan pemain asing.

"Tentunya hal ini membutuhkan penyelesaian yang menyeluruh oleh instansi terkait, yaitu antar klub, PSSI, BOPI, Kemenpora, Ditjen Imigrasi, dan juga Kemenaker," imbuhnya.(exe/ist)


0 Komentar