Kamis, 20 April 2017 14:54 WIB

2018, Banten Siap Menggelar Pilkada Serentak

Editor : Hendrik Simorangkir
Komisioner KPU RI, Pramono U Tanthowi meresmikan Rumah Pintar Pemilu di Jalan Nyimas Melati Nomor 16, Kota Tangerang. (ist)

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar pesta demokrasi Pilkada serentak di empat wilayah di Provinsi Banten 2018 mendatang. 

Komisioner KPU RI, Pramono U. Tanthowi mengatakan, keempat wilayah tersebut meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Serang, dan Kabupaten Lebak.

"Pilkada serentak di empat wilayah akan dilaksanakan 27 Juni 2018, atau tepatnya 10 hari sesudah Lebaran 2018," kata Pramono usai meresmikan Rumah Pintar Pemilu di Jalan Nyimas Melati Nomor 16, Kota Tangerang, Kamis (20/4/2017).

Sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan, Pramono menambahkan, tahapan Pilkada yang harus dijalani oleh masing-masing KPU tingkat daerah dimulai 10 bulan sebelum pencoblosan Pilkada.

"10 bulan sebelum pencoblosan sudah dimulai persiapannya. Itu artinya, Agustus 2017 ini keempat daerah tersebut sudah mulai menempuh tahapan Pilkada. Sejak tahapan pertama pendaftaran calon, penghitungan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sampai kampanye itu masuk ke rangkaian tahapan Pilkada," ungkapnya. 

Sementara itu, KPU Kota Tangerang mulai mempersiapkan pesta demokrasi lima tahunan sekali tersebut untuk menentukan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang periode 2018-2023.

"Kita sudah mendapatkan anggaran dari pusat sebesar RP 61 miliar. Kalau tahun 2013 mencapai RP 63 miliar, sekarang turun enggak jauh beda. Mudah-mudahan cukup, akan kita cukup-cukupkan," ujar Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi Pane kepada wartawan, Kamis (20/4/2017).

Saat ini, pihaknya sedang mempersiapkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pendanaan penyelenggaraan Pilkada.

"Diusahakan pengurusan NPHD selesai di bulan Mei. Sehingga, Agustus kita sudah bisa mulai luncurkan secara bersamaan logo Pilkada Walikota Tangerang dan sebagainya," pungkasnya. (ist)


0 Komentar