Senin, 24 April 2017 17:34 WIB

Pemkab Tangerang Jamin Pasokan Sembako Jelang Ramadan dan Lebaran Aman

Editor : Hendrik Simorangkir
Pasokan sembako jelang Ramadan di Tangerang aman. (ist)

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menjamin pasokan sembako menjelang dan sesudah Ramadan aman. 

"Perkiraan itu setelah pemantauan harga, maka stok aman selama enam bulan ke depan," kata Kepala Seksi Kebutuhan Barang Pokok, Barang Penting dan Logistik Bidang Perdagangan Disperindag Pemkab Tangerang, Andriyani di Tangerang, Senin (24/4/2017).

Andriyani mengatakan pihaknya setiap dua kali dalam sepekan melakukan pemantauan harga di pasar tradisional dan modern.

"Warga tidak perlu khawatir bila berbelanja menjelang dan sesuadah Ramadan, karena kebutuhan pokok dapat dipasok secara lancar," ujarnya. 

Bahkan, Andriyani menambahkan, pihaknya akan melakukan operasi pasar (OP) jika kebutuhan melonjak tapi persediaan terbatas karena menyebabkan harga melambung.

Meski begitu, Disperindag Pemkab Tangerang belum melakukan Operasi Pasar karena harga kebutuhan pokok masih stabil.

"Bahan pokok seperti beras dan minyak sayur tersedia melimpah di pasar karena pasokan dari sentra produksi mengalir lancar tiap pekan, jadi belum dibutuhkan operasi pasar," jelasnya. 

Walau demikian, lanjutnya, setiap pekan pihaknya akan melakukan evaluasi harga dan meninjau ke sejumlah pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

Hal tersebut karena saat ini harga cabai di pasar tradisional sebesar Rp 46 ribu hingga Rp 48 ribu per kg.

"Kalau toh ada kenaikan harga cabai masih dalam taraf wajar sekitar Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu per kg," pungkasnya.


0 Komentar