Senin, 24 April 2017 23:39 WIB

Menhan dan Kepala Militer Afghanistan "Jadi Korban" Serangan Maut

Editor : Yusuf Ibrahim
Menteri Pertahanan Afghanistan, Abdullah Habibi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pertahanan Afghanistan, Abdullah Habibi dan Kepala Staf Angkatan Darat Afghanistan, Qadam Shah Shahim, dilaporkan mengajukan pengunduran diri.

Pengunduran diri ini datang setelah adanya serangan maut terhadap pangkalan militer Mazar-i-Sharif, dimana 140 tentara tewas.

"Menteri Pertahanan Abdullah Habibi dan Kepala Staf Angkatan Darat Qadam Shah Shahim mengundurkan diri dengan segera," kata kantor Kepresidenan Afghanistan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (24/04/2017).

Juru bicara Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, yakni Shah Hussain Murtazaw membenarkan pengunduran keduanya terkait dengan serangan mematikan di pangkalan militer Mazar-i-Sharif pada Jumat lalu.

Seperti diketahui, Jumat lalu sebanyak 10 pejuang Taliban, yang mengenakan seragam tentara Afghanistan dan mengendarai kendaraan militer, berjalan ke pangkalan tersebut.

Mereka kemudian melepaskan tembakan ke tentara yang sebagian besar tidak bersenjata dan meninggalkan sebuah masjid setelah salat Jumat, menurut para pejabat.

Mereka menggunakan granat berpeluncur roket dan senapan, dan beberapa rompi bunuh diri yang meledak, kata beberapa pejabat. Saksi mata menggambarkan adanya kebingungan karena tentara tidak yakin akan identitas penyerang.

Pangkalan tersebut merupakan markas Korps ke-209 Angkatan Darat Afghanistan. Mereka bertanggung jawab atas sebagian besar wilayah Afghanistan utara, termasuk Kunduz, sebuah provinsi yang telah menghadapi pertempuran sengit.(exe/ist)


0 Komentar