Selasa, 25 April 2017 18:24 WIB

Gerak Cepat PLN di Maluku-Papua

Reporter : Ahmad Husin Editor : RB Siregar
Hariyanto WS (3 dari kiri), Direktur Regional Maluku-Papua.(husin)

JAKARTA, Tigapilarnews.com -  PLN melakukan gerak cepat untuk mewujudkan lisdes (listrik desa) wilayah timur Indonesia khususnya wilayah Maluku - Papua. Terlebih lagi tahun 2020 Papua  menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Nasional.

Sebanyak 2.519 desa yang harus dilistriki, menjadi target dan fokus PLN untuk wilayah Maluku-Papua. Sepanjang tahun 2016 PLN telah berhasil melistriki sebanyak 96 desa untuk wilayah Papua dan Papua barat, serta 34 desa untuk wilayah Maluku dan Maluku utara.

Saat ini, PLN tengah memulai pengerjaan untuk melistriki desa di tahun 2017. Dimans tahun 2017 ini PLN menargetkan akan melistriki sebanyak 365 desa untuk wilayah Papua dan Papua barat, dan 119 untuk wilayah Maluku dan Maluku utara.

“PLN berkonsentrasi untuk mempercepat program listrik desa, hal ini juga sejalan dengan nafas pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan kelistrikan seluruh masyarakat.” ujar Haryanto WS Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua.

Sementara itu, terkait program 35.000 MW, Regional Maluku dan Papua mendapatkan alokasi sebanyak 1.000 MW dengan rincian sebagai berikut: Proyek selesai /COD 46.5 MW. Konstruksi : 180 MW. Pengadaan : 260 MW. Dan Perencanaa : 560 MW.

Apa yang menjadi perbedaan dalam pengembangan/penyedian tenaga listrik di daerah “yang perlu diketahui adalah jumlah penyediaan tenaga listrik di suatu desa disesuaikan dengan jumlah kebutuhan listrik di desa tersebut.” kata Hariyanto WS dalam penjelasannya ketika breefing prees di kantor pusat PLN Jakarta .


0 Komentar