Senin, 01 Mei 2017 13:23 WIB

Faktor Keamanan Dongkrak Investasi Kota Tangerang

Editor : Hendrik Simorangkir
Ilustrasi

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Keamanan menjadi salah satu faktor meningkatnya investasi di Kota Tangerang, Banten, selama kurun waktu tiga tahun terakhir.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Karsidi mengatakan, investasi di Kota Tangerang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dan melebihi target yang dicanangkan.

Hal ini disebabkan karena faktor keamanan dan kemudahan proses perizinan yang telah menerapkan sistem online dan sejumlah perizinan yang bisa dilakukan di tingkat Kecamatan.

Pada tahun 2014, realisasi investasi di Kota Tangerang sebesar Rp 2 triliun. Setelah itu dilakukan peningkatan dan hasilnya bisa mencapai Rp 5,1 triliun, dan pada tahun 2016 mencapai Rp 6,86 triliun.

"Infrastruktur yang telah merata dan kebijakan yang mendukung peningkatan ekonomi, membuat investor mau mengembangkan usahanya. Apalagi, sektor jasa dan perdagangan menjadi investasi utama di Kota Tangerang," ujar Karsidi.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah menjelaskan, sejak awal tahun 2017 telah diluncurkan pelayanan terpadu satu pintu yang mengintegrasikan sejumlah dinas/badan di satu kantor pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Pelayanan yang beroperasi selama tujuh hari termasuk Sabtu-Minggu, merupakan upaya pelayanan paripurna.

Sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan dan kepastian pelayanan perizinan dan non perizinan yang cepat dan tidak berbelit.

"Ada 10 dinas/badan seperti BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang membuka pelayanan dan siap memproses permohonan secara langsung," pungkas Arief.


0 Komentar