Selasa, 02 Mei 2017 08:57 WIB

Pelemahan Rupiah Diperkirakan Terus Berlanjut

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi uang rupiah. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pergerakan rupiah diperkirakan masih tidah jauh berbeda dengan sebelumnya dimana pergerakan positif dolar Amerika Serikat (USD) masih sulit dilawan, sehingga cenderung dapat kembali membuat peluang pelemahan lanjutan mata uang Garuda.

Diharapkan rilis data-data ekonomi di awal pekan dapat membuat rupiah bertahan dari potensi pelemahan lanjutannya. 

Analis Senior Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada mengingatkan lebih baik mencermati segala potensi pergerakan rupiah.

"Untuk itu, tetap cermati berbagai sentimen yang ada dan waspadai sentimen yang dapat merubah arah rupiah," paparnya di Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Lebih lanjut dia memprediksi, rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.348/USD dan resisten Rp13.269/USD. Sementara, masih adanya pergerakan positif pada USD membuat laju rupiah kembali tertahan dan berimbas pada kembali mendekamnya laju rupiah di zona merah.

Dia menambahkan belum beranjaknya laju EUR yang melemah, pascapengumuman ECB yang mempertahankan kebijakan moneternya dimanfaatkan oleh USD untuk kembali menguat. Di sisi lain, jelang libur Golden Week di Jepang membuat permintaan akan JPY menurun. 

Kondisi inipun juga dimanfaatkan USD untuk bertahan positif. "Kondisi ini yang pada akhirnya membuat laju rupiah mengalami pelemahan pada akhir pekan lalu yang merupakan akhir bulan April," pungkasnya.(exe/ist)


0 Komentar