Rabu, 03 Mei 2017 14:40 WIB

Anjing Laut dan Karibu Atlantik Terancam Punah di Samudra Arktika

Editor : Hendrik Simorangkir
Anjing Laut di laut Arktika Kanada, terancam punah. (ist)

MONTREAL, Tigapilarnews.com - Komite Status Hewan Liar Terancam Punah di Kanada (Committee on the Status of Endangered Wildlife in Canada/COSEWIC) menyatakan, Anjing laut dan karibu Atlantik terancam punah di samudra Arktika Kanada. 

COSEWIC mengatakan, jumlah spesies hewan liar Kanada utara yang saat ini terancam tersisa 62 ekor.

"Selama beberapa dekade terakhir, area yang ditinggali ribuan anjing laut Arktika Tinggi makin banyak populasi di Sentral dan Arktika Rendah yang menyusut dan terus berkurang. Saat iklim menghangat dan es laut berkurang, interaksi dengan industri dan pariwisata meningkat," ujar Anggota COSEWIC, Hal Whitehead.

"Ancaman tersebut, akibat panen yang masih berlangsung, memancing komite untuk merekomendasikan status Kekhawatiran Khusus untuk kedua populasi," imbuhnya. 

Whitehead menuturkan, Anjing laut sangat unik dan sensitif terhadap perubahan lingkungan. 

"Anjing laut sangat penting bagi Inuit, baik sebagai makanan maupun sebagai bagian dari budaya, dan masih begitu sampai sekarnag," katanya. 

COSEWIC juga mengungkapkan kekhawatiran untuk karibu timur. Sebuah kawanan gembala terkenal, di Sungai George, di Quebec dan Labrador tersisa berjumlah lebih dari 800.000 ekor pada 1993.

"Jumlahnya merosot ke level terendah menjadi hanya beberapa ribu hewan. Kawanan besar kedua juga mengalami penurunan serius," pungkasnya. 

 

Sumber: antara


0 Komentar