Minggu, 07 Mei 2017 11:27 WIB

Proyek LRT Rampung Sebelum Pagelaran Asian Games

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Sandi T
LRT di Jakarta. (foto: Riyan S)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memastikan, progres pembangunan proyek Light Rapid Transit (LRT) Jakarta rampung sebelum bulan Agustus 2018. 

Direktur Utama PT Jakpro, Satya Heragandhi mengatakan, saat ini pembangunan LRT tengah dilakukan di Depo Kelapa Gading, Jakarta Utara menuju Velodrome, Jakarta Timur sepanjang 5,8 km dengan investasi sekitar Rp 7 triliun. Pembangunan rute ini untuk mengakomodasi pagelaran Asian Games pada 2018.

Setelah pembangunan selesai, lanjut Satya, akan dilakukan uji coba jalur tersebut sekitar 1-2 bulan. Setelah itu, diharapkan LRT Velodrome-Kelapa Gading bisa beroperasi pada Agustus 2018.

"Juni 2018 secara fisik sudah bisa dilewati, itu percobaan dulu. Supaya Agustus bisa beroperasi," kata Setya saat dikonfirmasi, Minggu (7/5/2017).

Diketahui, PT Jakpro mendapat penugasan membangun proyek LRT Jakarta menggandeng PT Wijaya Karya (Persero) sebagai kontraktor dan melibatkan perusahaan asal Inggris yakni Mott Macdonald sebagai konsultan.

Satya menuturkan, pembangunan LRT juga nantinya akan terintegrasi dengan beberapa moda transportasi lainnya. 

Satya juga berharap masyarakat memaklumi kemacetan yang ditimbulkan selama proses konstruksi. Sebab, pembangunan ini memakan setengah ruas jalan yang ada.

"Kita kerjanya simultan, paralel. Kan kita dibagi 5 seksi. Tiap seksi itu dibangun, ada alat beratnya. Kalau enggak begitu enggak selesai-selesai. Bangun kaya ginian biasanya 4-5 tahun, ini kita kebut enggak ada sampai 2 tahun. Kita mulai Januari 2016, Juni 2016 sudah selesai," tambahnya. 


0 Komentar