Minggu, 07 Mei 2017 12:20 WIB

Kadiv Humas Polri: Napi Lapas Pekanbaru Kabur Karena Terzolimi

Reporter : Asropih Editor : Sandi T
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto menilai, ratusan narapidana Rumah Tahanan (Rutan) klas IIB, Kota Penkanbaru, Riau, kabur dikarenakan ketidakpuasan terhadap pelayanan di dalam Rutan.

"Ada beberapa faktor, tapi yang utama adalah ketidakpuasan terhadap kondisi Rutan itu sendiri," kata Wasisto di Jakarta, Minggu (7/5/2017).

Selain itu, kata Wasisto, penyebab lain para narapidana kabur ialah sering sekali dizolimi oleh petugas rutan (sipir).

"Karena mereka merasa terintimidasi dan terzolimi mereka harus membayar sesuatu kalo mereka ingin sesuatu," ungka mantan Wakabaintelkam itu.

Sebelumnya, ratusan narapidana di Rumah Tahanan Klas IIB Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, kabur setelah mendobrak pagar hingga runtuh dan saat ini masih berkeliaran.

Insiden kaburnya ratusan narapidana di Rumah Tahanan Klas IIB Kota Pekanbaru, Riau, kuat dugaan karena dipicu ketikdakpuasan terhadap kondisi dan pelayanan ditempat itu. Dari data Polda Riau, sekitar 200-an narapidana berhasil kabur.

Sebelum kabur para narapidana sempat melempar batu keluar pagar, namun saat ini situasi sudah kondusif.

Untuk saat ini pihak kepolisian tingkat resor dan sektor di seluruh Pekanbaru dikerahkan untuk menangkap tahanan yang kabur. Untuk di Rutan sendiri saat ini diturunkan dua satuan setingkat kompi Brimob Polda Riau atau sekitar 200 personel.


0 Komentar