Minggu, 07 Mei 2017 19:03 WIB

Horta Ingatkan Australia Tinggalkan Kasus Hukum di Laut Timor

Editor : Yusuf Ibrahim
Mantan presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Mantan presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, telah mengatakan kepada pemerintah Australia untuk meninggalkan kasus hukum "tidak berdasar" untuk memperpanjang perbatasannya ke Laut Timor.

Menurutnya, kedua negara tengah berusaha untuk menegosiasikan batas maritim permanen di atas ladang minyak yang menguntungkan itu.

Berbicara di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Partai Buruh di Sydney, Horta menyebut argumen Australia bahwa perbatasan harus mengikuti batas landas kontinennya "hukum yang tidak dapat dipertahankan" yang berbatasan dengan itikad buruk.

Kedua negara tetangga telah memperjuangkan kepemilikan Celah Timor yang kaya minyak sejak kemerdekaan Timor-Leste pada tahun 2002, termasuk penyataan bahwa Australia menyadap ruang kabinet pemerintah Timur Leste pada tahun 2004 untuk mendapatkan keuntungan komersial.

Horta memperingatkan pemerintah Australia untuk tidak mengambil risiko hubungan yang baru saja diperbaiki dengan mendorong untuk mengendalikan ladang minyak Greater Sunrise yang menguntungkan.

"Kami hanya meminta hasil yang tepat," kata peraih Nobel 1996 itu seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (7/5/2017).

"Hukum laut yang mengikat konsiliasi wajib ini mengatakan bahwa kita harus bernegosiasi dengan itikad baik. Kita bisa kembali ke titik awal jika negosiator Australia kembali ke argumen landas kontinen yang tidak berkelanjutan," tuturnya.

Menteri Infrastruktur Ketenagakerjaan, Anthony Albanese, yang mengundang Ramos-Horta untuk berbicara, mendorong negosiasi yang produktif antara kedua negara.

"Tetangga yang baik memperlakukan yang kurang kuat dengan cara yang positif. Kami memiliki kewajiban kepada orang Timor Lorosae untuk memperlakukan mereka dengan adil," katanya.

Ramos-Horta berulang kali menolak posisi Australia yang telah lama berkuasa di perbatasan, dengan mengatakan bahwa perbatasan harus diambil sama baiknya antara kedua negara.

"Hukum laut sangat mudah, sebuah garis tengah ditarik. Inilah hukum di tahun 1950-an dan hukum sekarang," katanya

"Australia tidak pernah menolak klaim tersebut, yang diajukan oleh mereka yang kurang diplomatis dari saya, bahwa ini adalah penguasaan terhadap sumber daya. Tapi ini mendekati sentimen kita," imbuhnya.

Lahan minyak yang disengketakan tersebut diperkirakan menyimpan sumber minyak bumi dan bahan bakar cair senilai USD 53 miliar.

Perundingan rahasia antara kedua negara tersebut dimulai pada bulan Januari di pengadilan arbitrase permanen di Den Haag, yang hasilnya akan selesai pada bulan September.

Negosiasi dimulai setelah Timor-Leste memutuskan untuk menghentikan sebuah perjanjian yang telah ada yang menetapkan batas sementara 50 tahun dan akan membagi pendapatan minyak 50-50.

"Ada konsensus di kalangan ilmuwan bahwa Timor Leste dan Australia adalah bagian dari landas kontinen yang sama, jadi jika Australia bertahan dengan klaim landas kontinen, ia harus mengklaim Timor Leste. Atau sebaliknya, Timor Leste harus mengklaim seluruh Australia," kata Ramos-Horta yang ditertawakan para hadirin.

"Kami akan meninggalkan Tasmania sendirian. Mereka orang yang sangat baik," tambahnya.

Horta juga mengkritik keputusan pemerintah Australia pada tahun 2002 untuk secara diam-diam menarik diri dari resolusi perselisihan batas maritim PBB yang terdapat dalam konvensi PBB mengenai hukum laut, sehingga bisa lolos dari arbitrase yang mengikat secara hukum.

"Kita bisa bersikap sinis terhadap hukum internasional namun kenyataannya telah mencegah terjadinya perang," katanya.

"Jika masing-masing negara mengundurkan diri dari hukum internasional, maka kita akan berada dalam dunia tanpa hukum dan hanya yang terkuat yang akan menang. Sungguh luar biasa bahwa demokrasi tua yang solid seperti Australia akan menjadi yang pertama memberi contoh yang salah bagi negara-negara berkembang," sindirnya.

"Anda memiliki keraguan kuat tentang posisi hukum Anda, dan dengan pengacara internasional brilian Anda, tahu posisi Anda tidak berkelanjutan. Jadi apa yang kamu lakukan? Menarik," tukasnya.(exe/ist)


0 Komentar