Sabtu, 13 Mei 2017 13:24 WIB

Little Tokyo di Blok M Disesaki Pengunjung

Reporter : Sriyanti Lumban Gaol Editor : Hendrik Simorangkir
Little Tokyo Ennichisai 2017 digelar 13-14 Mei 2017 di kawasan Blok M, Melawai, Jakarta Selatan. (Foto: Yanti)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pertukaran atau saling mengenalkan budaya antar dua negara bertujuan untuk menjalin kerja sama yang baik ke depannya. Berbagai usaha dilakukan untuk menciptakan hubungan baik ini antara Indonesia dan Jepang, salah satunya melalui pertukaran budaya. 

Suku Dinas Pariwisata dan Budaya Jakarta Selatan sebagai penyelenggara, menggelar Little Tokyo Ennichisai 2017 yang merupakan pertukaran budaya Indonesia-Jepang di kawasan Blok M, Melawai, Jakarta Selatan. Ribuan orang memadati acara yang sudah diadakan sejak 2010 ini.

Adapun acara tersebut bertajuk Challange dengan logo boneka daruma karena berkaitan dengan pepatah jepang "nanakorobi yaoki" yang artinya tujuh kali jatuh, delapan kali bangun.

"Dengan pepatah ini Ennichisai menjadi simbol pantang menyerah dalam menggapai harapan dan impian baik bagi bangsa Indonesia dan juga Jepang," ujar Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jaksel, Nursyam, Sabtu, (13/5/2017).

Nursyam menjelaskan, Ennichisai merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta, untuk itu Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Blok M mendukung event yang otentik dengan "Japan's Shopping Distric Festival" ini. 

"Acara ini diadakan dua hari 13-14 Mei 2017. Acara ini dihadiri lebih dari 200 ribu pengunjung setiap tahunnya dan diramaikan dengan 150 stand makanan dan minuman serta booth pernak-pernik Jepang," pungkasnya. 

Dari pantauan Tigapilarnews.com, Ennichisai memiliki dua panggung yakni tradisional dan modern culture, acara ini dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan seni dan budaya Jepang, tak hanya itu kesenian Indonesia pun turut dihadirkan yakni tarian khas Indonesia, Tarian Selamat Datang, Gambang Kromong, dan tak lupa abang none dan pertunjukan alat tradisional angklung dari Jawa Barat. 


0 Komentar