Senin, 15 Mei 2017 11:51 WIB

Dishub Kota Bekasi Kaji Lima Trayek Transpatriot

Editor : Hendrik Simorangkir
Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana. (ist)

BEKASI, Tigapilarnews.com - Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, tengah mengaji lima opsi terkait trayek angkutan massal Transpatriot yang diagendakan mulai beroperasi pada September 2017.

"Awalnya Transpatriot akan beroperasi pada trayek Terminal Induk Kota Bekasi-Terminal Pondokgede. Namun belakangan ini muncul empat opsi lainnya yang sedang kita kaji di lapangan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, Senin (15/5/2017).

Yayan mengatakan, empat trayek yang dimaksud adalah Terminal Induk Kota Bekasi-Perumahan Harapan Indah, Sumber Artha-Wisma Asri dan Wisma Asri-Bantargebang.

"Ada jalur tambahan untuk trayek Transpatriot sebagai transportasi umum pengumpan menuju pusat perbelanjaan mal. Konsepnya Transpatriot akan menyasar pusat perekonomian dari sentralnya di Terminal Induk Kota Bekasi," katanya.

Ia menjelaskan, kajian terhadap sejumlah trayek Transpatriot itu dilakukan sesuai dengan kondisi jalan serta kebutuhan masyarakat.

"Kajian perlu akan kita sesuaikan dengan kondisi yang ada, apakah potensi singgungan trayeknya besar atau merujuk pada kebutuhan angkutan umum masyarakat setempat," jelasnya.

Yayan mencontohkan, kajian dilakukan pihaknya pada trayek Terminal Induk Kota Bekasi-Terminal Pondokgede diketahui akan bersinggungan dengan angkutan umum K09 Terminal Induk Kota Bekasi-Pondokgede yang kini ada di Jalan Raya Jatiasih - Pondokgede.

"Singgungan trayek pasti akan ada, itu bagian dari sosialisasi penyampaian informasi menjelang operasional Transpatriot," ungkapnya.

Lanjutnya, pada 2017 akan ada sembilan unit Transpatriot yang segera dioperasikan melalui proses lelang yang sedang berjalan.

Yayan menambahkan, dana pengadaan sembilan unit Transpatriot jenis minibus itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 senilai Rp11 miliar.

"Sembilan unit minibus Transpatriot ini sedang diusulkan," tandasnya.

 

Sumber: antara


0 Komentar