Selasa, 16 Mei 2017 12:31 WIB

Demokrat Tegas Tak Kirim Wakilnya ke Pansus Hak Angket KPK

Editor : Rajaman

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Partai Demokrat (PD) tetap tegas menolak untuk mengirim perwakilan di pansus angket terhadap KPK. Demokrat akan menyampaikan sikap penolakan tersebut di paripurna pansus angket KPK 18 Mei mendatang.

Sekretaris Fraksi Demokrat di DPR Didik Mukrianto menyebut pembentukan pansus angket KPK harus berdasarkan proporsionalitas dari setiap fraksi di DPR. Jika memang pansus terbentuk tanpa dasar tersebut, Demokrat tak akan tanggung jawab terkait proses angket nantinya.

"Sikap F-PD sudah loud and clear, tidak ikut ambil bagian dalam hak angket tersebut sehingga kami juga tidak mau mengambil tanggung jawab apapun terkait proses hak angket yang dilakukan kawan-kawan fraksi lain di DPR. F-PD tidak akan mengirim perwakilan ke dalam hak angket KPK di DPR," ujar Didik, Selasa (16/5/2017).

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan berkata pimpinan DPR akan menunggu sikap resmi dari masing fraksi soal angket. Didik menyebut sampai saat ini Demokrat belum dimintai sikap resmi oleh pimpinan DPR.

Meski demikian, Demokrat berjanji akan segera menyampaikan sikap resmi ke pimpinan DPR sesegera mungkin. Jika nantinya pansus angket KPK terbentuk di paripurna, Demokrat akan lepas tangan alias tak tanggung jawab terhadap hasil angket nantinya.

"Sebagai bagian sikap fraksi, kami akan memberitahukan resmi ke pimpinan DPR dan Bamus terkait dengan sikap kami namun mekanismenya harus mengikuti proses yang ada di DPR, kami masih reses hingga tanggal 17 Mei. Hingga saat ini kami belum bisa memastikan apakah ada surat atau permintaan pimpinan DPR terkait hal tersebut atau setidak-tidaknya hingga saat ini kami belum ada undangan Bamus atau rapat saat reses untuk membicarakan hal tersebut," ungkap Didik.

"Tentu kami akan memperkuat standing sikap kami yang sejak awal kami sampaikan. Kami akan tetap pada posisi untuk tidak ambil bagian dan tidak akan ikut bertanggung jawab atas apa yang akan dilakukan oleh pansus hak angket," tandasnya. 


0 Komentar