Selasa, 16 Mei 2017 11:53 WIB

Satpol PP DKI Tambah Personel untuk Tertibkan PKL Tanah Abang

Reporter : Evi Ariska Editor : Hendrik Simorangkir
Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Jupan Royter. (Foto: Evi Ariska)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Jupan Royter mengatakan, pihaknya telah menambah personel terkait penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Oh iya saya tambahin 150 dari provinsi mulai dari Senin (15/5/2017). Awalnya kalau Sabtu dan Minggu itu ada 60 personel, jadi totalnya ada 300 sehari. Kami jaga terus sampai sepi (PKL) di Tanah Abang," ujar Jupan di Balaikota DKI, Selasa (16/5/2017).

Jupan menjelaskan, anggotanya saat ini telah berjaga sejak pagi. Ia mengibaratkan petugasnya dan para PKL seperti bermain kucing-kucingan. Bahkan ia mengaku kewalahan karena selalu kejar-kejaran dengan para PKL, namun ia akan tetap menertibkan karena itu sudah menjadi tanggung jawab Satpol PP.

"Kita lakukan dengan pendekatan persuasif, kita hilangkan stigma satpol PP itu tukang gusur, tukang tertibkan, bukan, jadi penegakan perda itu kita lakukan dengan persuasif dari tingkat kelurahan kecamatan semau teman-teman," ungkapnya.

Pendekatan kepada para PKL tak hanya dilakukan oleh Satpol PP, namun juga berkoordinasi dengan Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dibawah naungan Pemda DKI maupun instansi.

"Tolong ini tentunya bukan hanya satpol PP, masyarakat semua elemen masyarakat menjaga ketertiban dan kenyamanan, apalagi Tanah Abang merupakan icon itu kebanggaan masyarakat Indonesia, soalnya banyak dari negara-negara tetangga pada belanja ke situ, jadi ini tanggung jawab kita bersama kami sendiri enggak bisa dong," pungkasnya.


0 Komentar