Kamis, 18 Mei 2017 18:00 WIB

Pemerintah Harus Tindak Tegas Isu Gerakan Separatis Minahasa Merdeka

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Rajaman
Demo Warga Minahasa Ingin Merdeka (ist)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Munculnya isu gerakan Minahasa yang akan merdeka dan keluar dari NKRI cukup menggemparkan jagat media sosial.

Gagasan tersebut, terkemuka saat judul sebuah surat kabar harian lokal, Radar Manado, manuliskan "Tahan Ahok atau Minahasa Merdeka".

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi I DPR Abdul  Kharis Almasyhari mengatakan, pemerintah harus menindak tegas gerakan atau benih-benih separatisme mengancam keutuhan bangsa dan wilayah NKRI.

"Ini harus disikapi pemerintah secara, agar isu Minahasa Merdeka tidak menular ke wilayah lain menjadi gerkan yang massif," ujar Abdul dalam keterangan pers, Kamis (18/5/2017).

Abdul juga meminta kepada aparat penegak hukum untuk mengungkap secara jelas, siapa dibalik munculnya isu yang menuntut referendum untuk lepasnya wilayah Minahasa Sulawesi Utara dari NKRI.

"Saya menduga isu ini memang sengaja dihembuskan oleh pihak separatis Minahasa Merdeka dengan memanfaatkan sentimen masyarakat yang tidak puas dengan vonis pengadilan tergadap kasus Ahok," katanya.


0 Komentar