Minggu, 21 Mei 2017 20:08 WIB

Cina Lumpuhkan Operasi Spionase AS

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi kantor CIA. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Cina secara sistematis membongkar operasi spionase CIA di negara tersebut mulai tahun 2010.

Mereka membunuh atau memenjarakan lebih dari selusin informan selama dua tahun dan melumpuhkan pertemuan intelijen di sana bertahun-tahun kemudian.

Seperti dikutip dari New York Times, Minggu (21/5/2017), menurut pejabat dan mantan pejabat Amerika Serikat (AS), dari minggu-minggu terakhir tahun 2010 sampai akhir tahun 2012, Cina membunuh setidaknya selusin informan CIA.

Selain itu, masih ada yang dimasukkan ke dalam penjara. Semua mengatakan, Cina membunuh atau memenjarakan 18 sampai 20 informan CIA.

Pejabat dan mantan pejabat AS menggambarkan kesalahan intelijen ini sebagai salah satu yang terburuk dalam beberapa dasawarsa. Menilai kejatuhan operasi spionase yang bocor bisa menjadi sulit, namun insiden itu dianggap sangat merusak.

Jumlah aset AS yang hilang di China, menyaingi orang-orang yang hilang di Uni Soviet dan Rusia selama pengkhianatan Aldrich Ames dan Robert Hanssen.

Kedua orang itu sebelumnya adalah agen CIA Dan FBI, yang membocorkan operasi intelijen ke Moskow selama bertahun-tahun.

Insiden ini pun membuat FBI dan CIA melakukan penyelidikan gabungan. Namun, para penyidik pun terpecah mengenai penyebabnya. Beberapa meyakini ada orang dalam CIA yang telah mengkhianati AS.

Dugaan ini mengerucut pada mantan agen CIA yang telah bekerja di divisi yang mengawasi China. Mereka percaya bahwa dia kemungkinan besar bertanggung jawab atas kejadian ini.

Namun upaya untuk mengumpulkan cukup bukti untuk menangkapnya gagal, dan sekarang ia tinggal di negara lain di Asia.

Dugaan lain adalah China berhasil merusak sistem komunikasi rahasia CIA yang terbiasa membuat kontak dengan sumber luar negerinya.

Yang lainnya berpikir bahwa kebocoran tersebut merupakan hasil dari pekerjaan ceroboh mata-mata termasuk melakukan perjalanan dengan rute yang sama ke titik pertemuan yang sama atau bertemu sumber di restoran tempat orang China menanam perangkat pendengar


Bertahun-tahun kemudian, perdebatan itu tetap belum terselesaikan. CIA telah mencoba untuk membangun kembali jaringan mata-mata di China.  Sebuah usaha mahal dan memakan waktu yang pernah dilakukan oleh mantan kepala Divisi Asia Timur. 

China telah sangat agresif melakukan aksi spionase dalam beberapa tahun terakhir, di luar peretasan catatan Manajemen Kantor Personalia pada tahun 2015.

Tahun lalu, seorang karyawan FBI diputus bersalah karena bekerja sebagai agen spionase China selama bertahun-tahun. Ia memberikan informasi teknologi sensitif ke Beijing dengan imbalan uang tunai, kamar hotel mewah selama perjalanan dan pelacur asing.

Pada bulan Maret, jaksa mengumumkan penangkapan pegawai Departemen Luar Negeri, Candace Marie Claiborne, yang dituduh berbohong kepada penyidik tentang kontaknya dengan pejabat China.

Menurut laporan kriminal terhadap Claiborne, yang mengaku tidak bersalah, agen Cina mengirim uang ke rekening banknya dan memberinya hadiah yang mencakup iPhone, laptop dan uang sekolah di sekolah mode China.

Selain itu, menurut laporan tersebut, dia menerima sebuah apartemen lengkap dan uang saku.(exe/ist)


0 Komentar