Senin, 22 Mei 2017 09:58 WIB

Ada Layanan HOT di Puskesmas Makasar

Editor : Hermawan
Puskesmas Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. (ist).

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Puskesmas Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, memiliki layanan hypertension online treatment (HOT).

Untuk dapat mengikuti program layanan HOT, pasien cukup mengunduh aplikasi infokes.com di ponsel berbasis android atau membuka website puskesmasmakasar.jakarta.go.id.

Kepala Puskesmas Kecamatan Makasar, Herisianto Tyahya mengatakan, layanan HOT ini untuk sarana konsultasi atau tanya jawab mengenai hipertensi.

Bahkan, melalui HOT ini pasien yang lupa melakukan kontrol kesehatan, akan diperingatkan melalui pesan singkat di ponselnya. Terutama yang sudah mencapai satu bulan tidak kontrol, otomatis akan mendapatkan pesan singkat.

"Layanan HOT ini banyak manfaatnya bagi pasien. Bisa untuk konsultasi, pendaftaran berobat hingga teguran bagi yang lupa chek up rutin bulanan," ujar Herisianto Tyahya, Senin (22/5/2017).

Herisianto mengatakan, setiap ada pasien hipertensi, datanya akan disimpan di database. Kemudian, dari data itu juga akan tercatat rekam mediknya.

Sehingga pasien yang tidak kontrol secara rutin akan diketahui dan mereka akan ditegur melalui SMS (short message service).

Biasanya pasien yang berobat akan diberikan obat untuk 10 hari. Setiap hari ke-9, pasien juga akan diingatkan melalui pesan singkat agar mendaftarkan kembali untuk berobat setelah obatnya habis.

"Sebab penderita hipertensi idealnya harus berobat rutin," tandasnya. (ist)

 


0 Komentar