Senin, 22 Mei 2017 22:00 WIB

DPR Akan Pantau Harga Sembako Selama Ramadan Hingga Idul Fitri

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Rajaman
Herman Khaeron (ist)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Komisi IV DPR RI akan terus memantau pergerakan harga bahan pokok seperti beras jelang bulan suci ramadan dan perayaan Idul Fitri .

Menurut Wakil ketua komisi IV Herman Khaeron, persedian bahan pokok dirasa cukup dan untuk komoditas lainnya, termasuk daging pemerintah sudah memutuskan menambah terhadap impor daging kerbau.

"Jadi untuk seluruh kebutuhan yang sifatnya menjadi kebutuhan sehari-hari sudah dinyatakan secara cukup bahkan untuk bisa memberikan Efek Jera terhadap para penimbun ini perlu dicatat bahwa undang-undang pangan Nomor 18 Tahun 2012 sudah memberikan sanksi yang cukup berat bagi para penimbun kemudian para spekulan," ujar Herman, Senin (22/5/2017).

Namun, ketersediaan atau pun stok cukup ini belum tentu bisa meredam terhadap ataupun tidak bisa menjamin seutuhnya untuk stabilisasi pangan.

"Karena banyak aspek yang biasanya menjelang Idul Fitri ini ada pergeseran konsumsi misalkan Jakarta sekarang penduduknya sekitar 10 juta nanti di Idul Fitri paling tinggal empat juta disini selebihnya mudik ke tujuannya masing-masing sama di kota-kota besar," katanya.

"Situasinya juga sama bahkan di tempat-tempat sekolah Pesantren itu pun bergeser," lanjutnya.

Maka dari itu, pemerintah harus melakukan antisipasi.

"Karena kalau tidak ini juga akan menjadi sebuah faktor terhadap kenaikan harga-harga," jelasnya.


0 Komentar