Selasa, 23 Mei 2017 12:58 WIB

Jasa Marga Siapkan Fasilitas Baru Sambut Pemudik Tahun Ini

Editor : Hendrik Simorangkir
Parking Bay di Jalan Tol Cikampek. (ist)

BEKASI, Tigapilarnews.com - PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Cabang Bekasi menyiapkan fasilitas baru yaitu "parking bay" yang berfungsi sebagai tempat istirahat tambahan pada kilometer tertentu, guna menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2017.

"Fasilitas 'parking bay' akan tersebar di beberapa titik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Palimanan-Kanci," kata Public Relation Jasa Marga Jakarta-Cikampek Cabang Bekasi, M Icksan Kartika, Selasa (23/5/2017). 

Icksan mengatkan, "parking bay" ini berbeda dengan rest area. Di parking bay hanya tersedia beberapa fasilitas antara lain toilet, musala dan lahan parkir, tanpa keberadaan tenant dan SPBU.

Jadi lebih tepatnya, hanya melepas lelah karena sudah berlama-lama dalam mobil atau sebagai tempat bersantai. Kemudian pengguna kendaraan dapat melanjutkan perjalanannya kembali.

"Parking bay ini kan cuma sebagai alternatif beristirahat pengguna jalan, jadi tidak bisa disamakan dengan rest area," ujarnya. 

Ia menambahkan, "parking bay" disiapkan pada tiga titik untuk Jakarta-Cikampek yaitu KM 18, 41 dan 59 bagi pemudik yang akan menuju Cikampek.

Sedangkan untuk arah Jakarta, tersedia dua titik pada KM 34 dan 58. Sementara di Jalan Tol Palimanan-Kanci, parking bay terdapat di KM 191.

Pembangunan "parking bay diharapkan dapat melayani pengguna jalan yang lelah dan ingin beristirahat.

Hal itu dilakukan mengingat keberadaan tempat istirahat (rest area) saat liburan panjang dan musim mudik lebaran tidak mampu menampung kebutuhan pengguna jalan.

Sementara itu, Deputi General Manager Maintenance Cabang Jakarta-Cikampek, Denny Candra mengungkapkan, pembangunan parking bay di ruas Jakarta-Cikampek sudah memasuki tahap penyelesaian dan siap digunakan pada mudik lebaran.

"Parking bay akan aktif untuk saat tertentu, ketika hari libur panjang dan akhir pekan saja, karena penggunaannya lebih untuk mengantisipasi adanya peningkatan pada tempat istirahat sementara (rest area)," pungkas Denny. 

Ia mengimbau pengguna jalan agar berhati-hati saat mengendarai kendaraannya dan diharapkan tetap mematuhi rambu-rambu dan pertaruan lalu lintas yang ada.

 

Sumber: antara


0 Komentar