Rabu, 24 Mei 2017 14:57 WIB

Tanpa Alat Bantu, Pria Ini Catatkan Rekor Pendakian Tercepat Everest

Editor : Sandi T
Kilian Jornet. (ist)

KATHMANDU, Tigapilarnews.com - Pendaki gunung asal Spanyol Kilian Jornet mencatatkan rekor pendakian Gunung Everest tercepat tanpa tali pembantu atau pasokan oksigen tambahan. 

Bahkan, ia dapat mencapai puncak tertinggi di dunia tersebut dalam durasi 26 jam saja.

Jornet mendaki sebelah utara Everest, dimulai dari base camp di sisi gunung Tibet, dan mencapai puncaknya pada Senin (22/5/2017) pagi.

"Kami yakin Kilian mencatatkan waktu tercepat untuk rute (dari) base camp Everest," ujar Laura Font dari tim persnya kepada AFP, Seasa (23/5/2017).

"Dia mendaki Everest tanpa menggunakan O2 (oksigen tambahan) atau tali pengikat dan dalam satu kali pendakian dalam 26 jam," tambahnya.

Pendakian tanpa menggunakan tali pengikat atau oksigen tambahan dikenal dengan gaya mendaki alpine dan dianggap sebagai bentuk yang lebih cepat serta ringan dari olahraga tersebut.

Jornet sebelumnya sudah mencetak rekor pendakian cepat di Gunung Mont Blanc, Matterhorn, Denali, Aconcagua dan Kilimanjaro.

AFP belum bisa memverifikasi klaim tersebut. Pendakian biasanya baru bisa dikonfirmasi oleh pihak berwenang bila sang pendaki kembali dengan membawa bukti seperti foto di puncak dan data GPS.

sumber: antara


0 Komentar