Jumat, 26 Mei 2017 12:19 WIB

Ekonomi DKI Jakarta Tumbuh 6,48 Persen di Triwulan I-2017

Editor : Hendrik Simorangkir
Kepala BPS DKI Jakarta, Thoman Pardosi. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), memasuki tahun 2017, perekonomian di DKI Jakarta semakin solid dengan pertumbuhan yang tinggi. 

Pada triwulan I, ekonomi di DKI Jakarta tercatat tumbuh 6,48 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Kepala BPS DKI Jakarta, Thoman Pardosi mengatakan, stabilitas harga tetap terjaga dengan deflasi di bulan April 2017 tercatat 0,02 persen, tahun ke tahun 3,70 persen yoy.

"Pertumbuhan di triwulan I ini tertinggi sejak tahun 2013," ujar Thoman, Jumat (26/5/2017).

Ia menambahkan, pertumbuhan ekonomi ditopang oleh konsumsi rumah tangga yang tumbuh cukup tinggi yakni, sebesar 5,97 persen yoy sejalan dengan membaiknya ekspektasi masyarakat terhadap kondisi ekonomi.

Sementara, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah mengungkapkan, perbaikan kesejahteraan masyarakat tercermin dari penurunan tingkat kemiskinan, menyempitnya ketimpangan dan turunnya angka pengangguran.

"Terjadi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 0,61 poin dibandingkan tahun lalu. Dari sebelumnya 78,99 menjadi 79,60, ini merupakan level IPM yang sangat tinggi," jelasnya.

Saefullah menuturkan, pertumbuhan ekonomi harus berkualitas dan berdampak dalam pengentasan kemiskinan dan ketimpangan, serta memastikan peningkatan ketersediaan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat yang mencerminkan keadilan sosial.

"Tetap, kita tidak boleh lengah dan terlena atas berbagai pencapaian pembangunan ekonomi saat ini. DKI Jakarta sebagai Ibukota negara harus menjadi wajah kemajuan pembangunan di Indonesia," pungkasnya. (ist)


0 Komentar