Minggu, 28 Mei 2017 16:41 WIB

Komisi XI Sudah Lama Curiga Ada Praktik Suap di BPK

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Danang Fajar

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno mengaku, sudah lama mencurigai adanya praktik suap berkaitan dengan pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) BPK terhadap laporan keuangan Kementrian Desa (Kemendes).

"Dari temen-temen di DPR khususnya Komisi XI DPR RI, selalu menanyakan hal tersebut apalagi orang yang berasal dari daerah pemilihan yang betul memahami status-status opini tersebut," ujar Hendrawan, di Jakarta, Minggu (28/5/2017).

Menurutnya, Komisi XI kerap kali menanyakan standar ukuran BPK dalam menyatakan suatu laporan keuangan. Karena, sejumlah lembaga atau institusi pemerintah banyak yang terindikasi ikut dalam praktek korupsi.

"Komisi XI rapat kerja dengan BPK salah satu yang ditanyakan adalah para meter untuk menyatakan satu laporan itu wajar tanpa pengecualian, wajar dengan pengecualian," katanya.

Hendrawan sangat berharap, atas terungkapnya kasus suap tersebut. semua institusi pemerintah atau lembaga negara dapat membangun tata kelola yang transparan dan akuntabel.

"Kita harus membangun tata kelola yang baik, tata kelola yang baik cirinya terbuka transparan dan akuntabel dan adil dan itu harus menjadi komitmen kita bersama," jelasnya.


0 Komentar