Senin, 29 Mei 2017 16:43 WIB

13 Bus Diuji Kendaraan di Terminal Kampung Rambutan, Hanya 1 yang Laik Jalan

Editor : Hendrik Simorangkir
Pengecekan Bus Jelang Mudik di Terminal Kampung Rambutan. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - 13 bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur menjalani ramp checks. Ini untuk memberikan keamanan bagi warga yang akan melakukan perjalanan mudik menggunakan angkutan lebaran.

"Kami lakukan mulai hari ini sampai 9 Juni mendatang. Seluruh angkutan lebaran diharapkan bisa dicek, demi keamanan dan kenyamanan saat mudik," ujar Kepala Terminal Bus AKAP Kampung Rambutan, Emiral August Dwinanto, Senin (29/5/2017).

Emiral mengatakan, satu per satu bus AKAP yang ada di terminal pemberangkatan diperiksa petugas gabungan dari Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Pulogadung, pengelola terminal, Kementerian Perhubungan dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi, Jawa Barat.

Hingga pukul 13.00 WIB sudah 13 unit bus AKAP yang diperiksa. Hasilnya, hanya ada satu bus yang dinyatakan lolos uji kelaikan.

"Selebihnya tidak lulus karena banyak faktor. Seperti kaca depan pecah, dempul bodi terlihat menonjol, rem tangan tak berfungsi, ban vulkanisir dan sebagainya," pungkasnya.

Untuk 11 bus yang tidak lolos uji tidak diperkenankan beroperasi hingga dilakukan perbaikan. Sementara untuk satu bus jurusan Kampung Rambutan-Merak harus dikandangkan akibat tidak adanya kelengkapan surat-surat.

Rencananya, pemeriksaan akan dilakukan hingga 9 Juni mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan mendirikan Posko Terpadu mulai 15 Juni hingga H+10 Lebaran Idul Fitri. (ist)


0 Komentar