Selasa, 30 Mei 2017 23:00 WIB

Tradisi Pek Cun Diharapkan Jadi Promosi Wisata Pekalongan

Editor : Yusuf Ibrahim
Ritual Pek Cun, dimulai kirab sesaji dengan diiringi barongsai hingga lomba menegakkan telur. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Umat Konghucu Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menggelar tradisi ritual Pek Cun di Objek Wisata Pasir Kencana, Selasa (30/05/2017).

Wakil Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin), Bratayana Ongkowijaya, mengatakan bahwa Pek Cun atau Tuan merupakan tuntunan kitab suci umat Konghucu untuk melakukan ibadah besar kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Ritual ini dilakukan pada saat fenomena alam mengalami disharmoni, yaitu di mana kondisi letak tata surya, khususnya antara matahari, bulan, dan bumi dalam keadaan khusus, yaitu saling tarik menarik magnet alami yang berakibat pada bumi mengalami kondisi ekstrem," katanya.

Ia mengatakan pada kondisi ekstrem tersebut, umat Konghucu harus ingat, bahwa manusia bukan apa-apa di bagian alam ini, sedangkan kejadian alam tidak dimaknai dengan hukuman.

Ritual Pek Cun, kata dia, dimulai kirab sesaji dengan diiringi barongsai yang dibawakan oleh perkumpulan Naga Mas, kemudian dilanjutkan dengan doa dan lomba menegakkan telur.

"Selanjutnya pada sore hari, ritual dilanjutkan dengan melarung sebuah replika perahu atau sedekah laut," katanya.

Wakil Walikota Pekalongan, Saelany Machfudz, berharap tradisi Pek Cun dapat menjadi promosi wisata tersendiri di daerah setempat yang nantinya dapat menumbuhkan perekonomian warga.

"Event ini langka karena ritual Pek Cun sudah menjadi tradisi dan budaya warga Kota Pekalongan," katanya.(exe/ist)


0 Komentar