Jumat, 02 Juni 2017 00:00 WIB

FSPMI akan Demo PT Smelting di Menara Mulia

Reporter : Bili Achmad Editor : Yusuf Ibrahim
Presiden FSPMI, Said Iqbal. (foto istimewa)
JAKARTA,Tigapilarnews.com - Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) berencana menggelar aksi demo di kantor pusat PT Smelting di Menara Mulia dan Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Jumat (02/06/2017).
 
Hal tersebut menyusul PHK sepihak PT Smelting kepada 309 buruh sebagai buntut dari perjanjian kerja bersama.
 
"Kami mendesak agar perusahaan segera mempekerjakan kembali 309 buruh PT Smelting yang di PHK," tegas Presiden FSPMI, Said Iqbal dalam keterangan pers, Kamis (01/06/2017).
 
Iqbal menjelaskan, selain PHK sepihak, 309 buruh tersebut juga tidak diberikan hak-haknya selama lima bulan terakhir bekerja, di antaranya tidak dibayarkannya upah serta pencabutan fasilitas kesehatan keluarga.
 
Padahal, PT Smelting mengelola 40 persen konsentrat PT Freeport Indonesia. Jika pekerja bekerja kembali dan PT Smelting beroperasi secara normal, maka produksi Freeport bisa kembali beroperasi sehingga ancaman PHK terhadap 2000 pekerja PT Freeport bisa dihindari.
 
"PT Freeport Indonesia dan PT Smelting di Gresik saling terkait. Karena itu semua pihak terkait harus duduk bersama untuk mengakhiri konflik ini," tambahnya.
 
Untuk itu, melalui aksi besok, Iqbal berharap PT. Smelting mempekerjakan kembali buruh yang di PHK sepihak sekaligus mengembalikan hak-hak pekerja dan keluarganya.(exe/ist)

0 Komentar