Sabtu, 03 Juni 2017 15:30 WIB

Ketua Pansus RUU Pemilu Bingung Tentukan 15 Kursi Tambahan

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Lukman Edy (dok/bili)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Ketua Pansus RUU Pemilu, Lukman Edy mengaku bingung dengan penetapan dapil dari 15 kursi tambahan anggota DPR.

Sebab, saat ini Indonesia belum memiliki formula khusus guna menentukan jumlah dapil sehingga bisa merepresentasikan keterwakilan masyarakat.

"Masalahnya kita tuh tidak punya formula yang jelas, artinya asal bagi saja berdasarkan kekuatan politik di pansus, makanya akhirnya kita bingung sekarang," kata Lukman dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (3/6/2017).

Lanjut, Wakil Ketua Komisi II DPR itu menjelaskan, pemerintah telah menyerahkan sepenuhnya pembagian 15 kursi kepada pansus. Meskipun Mendagri, Tjahjo Kumolo memberikan syarat pemberian 3 kursi di Kalimantan Utara (Kaltara) dan masing-masing satu kursi untuk Kepulauan Riau dan Provinsi Riau.

"Saat ini ada berbagai opsi, pertama ada yang usulkan 15 kursi tidak di pulau Jawa karena 60 persen anggota DPR dari pulau Jawa, Ada juga yang usulkan yang over representasi hanya boleh 1," pungkasnya.


0 Komentar