Rabu, 07 Juni 2017 06:10 WIB

Ahli Gizi: Agar Tak Dehidrasi Saat Puasa Minum Air Putih dengan Pola 2-4-2

Reporter : RB Siregar Editor : RB Siregar
Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK.(ian)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Puasa mampu memberi manfaat besar bagi kesehatan. Selain bisa menurunkan gula darah dan asam lemak, ritual ibadah ini juga bisa memperbaiki profil lemak.

Hal itu diungkapkan Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, saat buka puasa bersama media dan bloggers dengan tema, "Nutrisi dan Hidrasi pada Bulan Puasa yang digelar Grup Danone di Indonesia di Hotel All Season, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Momen bulan puasa dapat dimanfaatkan menjadi titik awal hidup sehat dengan cara pemenuhan nutrisi dan hidrasi melalui asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka.

"Puasa dengan memenuhi nutrisi dan hidrasi sehat juga dapat menjaga kestabilan, bahkan menurunkan berat badan serta melindungi dari berbagai penyakit non-infeksi, stroke, serangan jantung, diabetes, gagal ginjal misalnya," kata dr. Dian.

Namun, dr. Dian mengingatkan, saat puasa harus diimbangi istirahat cukup serta olahraga rutin dengan intensitas ringan.

Saat puasa jadwal makan bergeser menjadi sahur dan saat berbuka. Karenanya, dalam pemenuhan nutrisi harus seimbang. Total kalori harian, asupan protein sebaiknya 15-20 persen asupan lemak sebesar 25-30 persen dan asupuan karbohidrat 50-60 persen.

Lantas bagaimana menghitung supaya asupan nutrisi sesuai kebutuhan?  Dr. Dian  mengungkapkan, tak perlu repot-repot menghitungnya.
 
Untuk sahur dan berbuka puasa,  dianjurkan mengkonsumsi nasi, protein hewani seperti ikan, ayam atau telur ayam. 

Selain itu, juga dianjurkan mengkonsumsi protein nabati yang bisa diperoleh dari tempe, tahu serta sayuran, kemudian ditutup dengan buah dan susu.

Agar memberi efek terasa kenyang lebih lama, kata dr. Dian, pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi. 

Makanan berserat tinggi bisa didapat dari beras merah, gandum, oatmeal, kacang-kacangan, sayur dan buah.

KEBUTUHAN CAIRAN

Tak kalah penting lainnya, lanjut dr. Dian, kebutuhan cairan juga harus terpenuhi agar terhindar dari kesulitan berkonsentrasi, mudah mengantuk serta sering sakit kepala.

Anjuran mengkonsumsi air putih sama seperti saat tidak berpuasa, yakni pola 2-4-2. "Artinya 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa dan 2 gelas sebelum tidur," kata dr. Dian.


0 Komentar