Rabu, 07 Juni 2017 09:42 WIB

Mesin CAS di Pasar Induk Kramat Jati Resmi Beroperasi

Editor : Hermawan
Plt Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat meresmikan pengoperasian mesin controlled atmosphere storage (CAS) di Pasar Induk Kramatjati, Jaktim, Selasa (6/6/2017). (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Mesin controlled atmosphere storage (CAS) di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, resmi beroperasi, Selasa (6/6/2017).

Dengan alat ini, komoditas bahan pokok seperti bawang dan cabai dapat disimpan dan terjaga kualitasnya hingga enam bulan. 

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, teknologi yang digunakan merupakan produk dalam negeri dari Kudus, Jawa Tengah. Satu unit mesin itu diproduksi dengan biaya sekitar Rp 1,2 miliar.

"Alat ini tidak hanya mengatur suhu, tapi juga oksigen. Sehingga produk yang disimpan bisa tahan lama," ujar Djarot, Selasa (6/6/2017) malam.

Djarot menjelaskan, kehadiran mesin itu dalam jangka pendek bertujuan menjaga ketahanan pangan, sehingga pasokan produk akan selalu terjaga. Dengan begitu, harga di pasaran relatif stabil serta inflasi akan terjaga.

"Jangka panjangnya untuk kedaulatan pangan. Sehingga pemerintah bisa mengontrol harga beli di petani juga," ucapnya.

Djarot menjelaskan selama ini saat panen raya harga komoditas di petani rentan dimainkan oleh spekulan dan mafia.

Tidak hanya mengontrol harga di petani, mereka juga kerap melakukan penimbunan sehingga mempengaruhi harga di pasaran.

"Makanya dengan adanya alat ini, kita bisa beli langsung ke petani dan simpan di sini. Saat harga dimainkan juga kita bisa jaga dengan adanya stok," kata Djarot. 

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin menambahkan, saat ini pihaknya baru mengadakan satu kopel mesin CAS dengan kapasitas 16-20 ton. Ke depan pihaknya akan menambah jumlah kopel hingga tiga unit.

"Kami akan adakan secara bertahap. Baru mesin ini yang kita lihat terbukti menyimpan bawang sampai enam bulan dengan kualitas masih bagus," pungkasnya. (ist)

 


0 Komentar