Jumat, 09 Juni 2017 16:31 WIB

Emil Salim: RUU Pertembakauan Sangat Sulit Dapatkan Titik Temu

Editor : Rajaman
Emil Salim (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Struktur panitia khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertembakauan resmi terbentuk pada 31 Mei 2017. 

Dewan Penasihat Komnas Pengendalian Tembakau, Emil Salim melihat pemerintah masih mencari titik temu antara tembakau dan kesehatan.

"Saya mendapat kesan bahwa dari tim pemerintah yaitu Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Keuangan, dan Menteri Kesehatan, masih mencari titik temu untuk mempertahankan kesehatan. Kalau tembakau dirasa menang, maka tentu merugikan kesehatan. Sedangkan petunjuk Presiden adalah mencari titik temu. Jadi hingga sekarang masih belum titik temu," kata Emil ketika dihubungi wartawan, Jumat (9/6/2017).

Mantan Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup itu memprediksi pembahasan RUU tersebut akan sangat sulit mencari titik temu. Sehingga, tidak mungkin bisa selesai dengan cepat.

"Jadi peluang, saya melihat sulit menemukan titik temu antara kesehatan dan adiksi nikotin. Itu dua hal yang bertentangan. Jadi memang itu sulit. Jadi kalau ada yang mengaku menemukan titik temu, itu luar biasa," kata Emil.

Emil menyebut target sebelum lebaran, adalah terlalu optimistik. Pasalnya masih banyak hambatan yang harus dilalui.

"Saya kira terlalu optimistik. Itu gambaran dari sudut mereka, belum tentu mencerminkan kesepakatan antar atau dengan pemerintah. Karena sulit mempertemukan zat adiksi nikotin digabungkan dengan kesehatan. Itu sulit ditemukan. Itu tugas yang saya rasa sulit menemukan kesepakatan," kata Emil.


0 Komentar