Sabtu, 10 Juni 2017 09:44 WIB

Menteri PUPR Tinjau Infrastruktur Mudik

Editor : Rajaman
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono meninjau kantong parkir, jalan nontol dan tol untuk memastikan kesiapan infrastruktur itu agar siap dilalui saat arus mudik dan balik tahun 2017.

menteri menyempatkan untuk meninjau kantong parkir (parking bay) di jalan tol Jakarta-Cikampek kilometer 18 dan tampak puas kondisinya sudah selesai 100 persen.

"Bagus dan sudah siap untuk digunakan saat mudik," kata Basuki, Sabtu (10/6/2017).

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyiapkan kantong parkir atau parking bay sebagai tambahan menunjang tempat istirahat utama.

Kantong parkir bukan untuk tempat istrahat berlama-lama. Tapi hanya untuk sebentar saja, untuk pengendara yang membutuhkan toilet setelah itu jalan kembali, sehingga tidak terjadi penumpukan.

Untuk Tol Jakarta menuju Cikampek, terdapat kantong parkir pada KM 18, 41, dan 59, sedangkan arah sebaliknya ada di KM 33 dan 58. Pada tol Cipali untuk kedua arah pada KM 78, 153, 133+500, Tol Palikanci 191 +450 dan Tol Pejagan-Pemalang KM 282 +500 pada kedua arah.

Kantong parkir merupakan upaya yang disiapkan BPJT untuk memecah kepadatan kendaraan di tempat istirahat (rest area) yang dalam arus mudik tahun-tahun sebelumnya sangat padat sehingga menjadikan kemacetan panjang.

Basuki dalam kesempatan itu juga memperoleh penjelasan dari pihak PT Jasa Marga mengenai adanya ruang kontrol pergerakan kendaraan yang dipantau melalui CCTV sehingga bisa diketahui lokasi yang padat maupun lancar di jakan tol.

"Kita terus melakukan upaya perbaikan sehingga diharapkan arus mudik dan balik tahun ini bisa lebih baik dibanding sebelumnya," katanya.

Menteri Basuki mengatakan saat ini persiapan infrastruktur sudah sangat memadai dan siap untuk dilalui kendaraan mudik dan balik.

Rombongan menteri direncanakan akan menelusuri jalan tol dan nontol mulai dari Jakarta menuju Semarang dan berakhir di Solo, Jawa Tengah.

sumber: antara


0 Komentar