Sabtu, 10 Juni 2017 17:01 WIB

CBA: Reses DPR Matikan Peran Partai di Daerah

Editor : Rajaman

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Direktur Eksekutif Centre for Budget Analisys (CBA) Uchok Sky Khadafi mendukung gagasan penghapusan program reses yang dilontarkan legislator asal fraksi Gerindra Haerul Saleh baru-baru ini. Reses akan mematikan peran partai politik di daerah.

"Setuju reses harus dihapus karena hanya menghambur-hamburkan duit negara," kata Uchok saat dihubungi, Sabtu (10/6/2017).

Selain itu, kata dia, hasil reses bukan hanya tidak bisa diperjuangkan dalam APBN, tapi membuat DPR bingung. Sebab, banyak aspirasi rakyat yang muncul bukan masuk kategori persoalan nasional. Tak hanya itu, kata dia, gara-gara reses DPR peran partai di daerah mati.

"Seharusnya kalau mau ambil aspirasi, tak usah DPR turun ke dapil. Cukup yang melakukan adalah pengurus partai politik di daerah yang memasukan aspirasi tersebut ke DPR," ujarnya.

"Kalau ini dilakukan, lebih murah biayanya daripada DPR ke dapil. Kadang-kadang anggota dewan ke dapil juga, hanya untuk gagah-gagahan bak seorang pejabat negara, dan sambil pulang ke kampungnya, gratis lagi," sindir Uchok.

Sebelumnya, salah satu anggota DPR RI dari Fraksi partai Gerindra Haerul Saleh melontarkan wacana tentang penghapusan program reses. 


0 Komentar