Rabu, 14 Juni 2017 23:06 WIB

Kelompok Lampung Mainkan Modus Lama di ATM Matraman

Reporter : Rachmat Kurnia Editor : Yusuf Ibrahim
Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Andry Wibowo. (Rachmat Kurnia/Tigapilanews.com)
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Dua pelaku perampokan di Jalan Kayu Manis VIII, Matraman, Jakarta Timur, ternyata berasal dari kelompok Lampung.
 
Pelaku spesialis penipuan ATM tersebut berjumlah empat orang, Masing-masing, yakni AX, AS, P dan S. Saat beraksi, para pelaku berbagi tugas. Misalnya saja ada yang mengganjal menggunakan batang korek kayu, ada juga yang berpura-pura membantu korban sebagai pengunjung.
 
Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Andry Wibowo, mengatakan jika pelaku merupakan kelompok Lampung yang kerap melakukan aksi di Jakarta dengan cara mengganjal mesin atm.
 
" Diganjalnya pakai korek kayu, saat korban  M Januari (22) masuk ke dalam ATM dan memasukan kartunya, korban meras kesulitan dan tidak bisa mengakses ATM-nya. Kemudian pelaku yang bertugas membantu, masuk ke dalam mencoba membantunya," kata Andry, saat dihubungi, Rabu (14/06/2017) malam.
 
Pelaku yang ingin membantu korban meminta pin ATM korban. Tenyata korban curiga dengan pelaku, lantaran  modus tersebut sudah lumrah digunakan pelaku kejahatan.
 
"Korban langsung teriak minta tolong  Warga dan kebetulan ada anggota kepolisian dari Polsek Matraman sedang melintas di lokasi. Dua pelaku AX dan AS berhasil diamankan. Sementara P dan S berhasil melarikan diri.  Salah satu pelaku yang kabur  ada yang membawa  senjata api, " ucap Andry.
 
"Dari tangan AX dan AS, Kepolisian menyita uang Rp4,5 juta, 35 kartu ATM, Mobil Avanza dan empat kotak korek kayu," pungkas Andry.(exe/ist)

0 Komentar