Kamis, 15 Juni 2017 16:31 WIB

Bulog Didesak Aktifkan Kembali Program Rastra

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Herman Khaeron (dok/bili)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Ditengah evaluasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT), Komisi IV DPR meminta pemerintah kembali melanjutkan program Beras Sejahtera (Rastra). Hal ini disampaikan dalam keputusan Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi IV dan Perum Bulog, Kamis (15/6/2017). 

Nantinya, keputusan ini selanjutnya akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai bahan pertimbangan evaluasi program BPNT.

Wakil Ketua Komisi IV DPR, Herman Khaeron menyampaikan surat dari Kementerian Pertanian pada bulan lalu, yang meminta Bulog tidak lagi menyalurkan Rastra per Juli hingga Desember, akan berdampak pada Bulog dan Rumah Tangga Sasaran (RTS). Surat ini dikirimkan sejalan dengan rencana penerapan BPNT mulai 1 Juli.

Bulog sebagai operator pemerintah berpotensi rugi karena beras rusak akibat lama tersimpan di gudang. Beras yang rusak akan dijual murah sebagai pakan ternak. Data Bulog menyebut pagu alokasi Rastra 2017 sebanyak 2,5 juta ton. Adapun, realisasi penyaluran hingga 12 Juni 2017 baru tercapai 34,07% atau 871.674 ton.

"Di satu sisi rakyat tidak menerima Rastra. Sementara, BPNT saja masih dievaluasi karena penyaluran masih rendah dan tidak efektif. Bisa jadi rakyat tidak menerima keduanya (Rastra dan BPNT). Maka rakyat yang dirugikan," tutur Herman usai rapat kerja.

Selain itu, menurutnya, Kementerian Pertanian tidak memiliki dasar yang kuat dalam menghitung efisiensi biaya distribusi sebesar Rp3,6 triliun pada penerapan BPNT. 


0 Komentar