Sabtu, 17 Juni 2017 07:17 WIB

Pertarungan Mayweather Jr-McGregor Ingatkan Duel Ali Lawan Inoki

Editor : Eggi Paksha
Muhammad Ali versus pegulat asal Jepang, Antonio Inoki. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Cukup banyak kalangan yang menyamakan antara pertarungan mantan juara dunia tinju lima divisi, Floyd Mayweather Jr melawan bintang UFC, Conor McGregor dengan pertempuran legendaris tinju Muhammad Ali versus pegulat asal Jepang, Antonio Inoki.

Pada Juni 1976, Ali, yang sudah banyak mengalahkan petinju papan atas dunia, mencoba mencari lawan dari disiplin yang berbeda. Akhirnya, Ali berhadapan dengan pegulat Inoki di Jepang. Pertarungan 15 ronde yang berakhir imbang itu disebut-sebut sebagai prototipe pertarungan seni beladiri campuran (MMA).

Promotor tinju, Bob Arum, dalam biografi resmi Ali, yang ditulis oleh Thomas Hauser, bertutur bahwa itu adalah mimpi buruk untuk mengakhiri semua mimpi buruk. Meski mengantongi uang cukup banyak usai menghadapi Inoki, namun Ali mengalami infeksi dan penggumpalan darah akibat serangan di kakinya.

Duel Ali dengan Inoki ternyata bukan satu-satunya pertarungan antara petinju melawan pegulat, karena pada tahun yang sama dengan laga Ali-Inoki, petinju yang pernah di-TKO oleh Ali, Chuck Wepner juga sempat sempat menghadapi pegulat Andre The Giant. Wepner berhasil dilempar ke luar ring oleh Andre di ronde ketiga.

Itu bukan satu-satunya petinju versus pegulat yang cocok dengan kartu itu. Sebelumnya, mantan musuh Ali Chuck Wepner - inspirasi untuk film Rocky - terlempar keluar dari ring di babak ketiga pertarungannya melawan 7ft 1ins Andre The Giant.

Sementara itu, terdapat perbedaan antara duel Ali-Inoki dengan McGregor-Mayweather Jr, pasalnya McGregor akan menantang Mayweather Jr bertarung di cabang olahraga tinju. Bahkan untuk mendapatkan duel kontra Mayweather Jr, McGregor rela memburu lisensi tinju.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Presiden UFC, Dana White, pertarungan McGregor-Mayweather Jr akan berlangsung di bobot 154pon (69,9kg), yang merupakan batas bobot kelas menengah junior atau kelas welter super. Duel berlangsung seperti pertandingan tinju standar dengan 12 ronde dan mengenakan sarung tinju.

Duel McGregor-Mayweather Jr sendiri rencananya akan digelar pada 26 Agustus mendatang di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Sedangkan lokasi pertarungan, kemungkinan akan mengambil tempat di MGM Grand Garden Arena atau T-Mobile Arena.(exe/ist)


0 Komentar