Minggu, 18 Juni 2017 14:20 WIB

Ini Dia Bule dan Lady, Petugas Baru di Stasiun Gambir

Reporter : Evi Ariska Editor : Hendrik Simorangkir
Keamanan Stasiun Gambir Diperkuat dengan Tim K-9 Polda Metro. (ist)

JAKARTA , Tigapilarnews.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017, PT KAI memperkuat sistem keamanan di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan bantuan keamanan unit K9 (unit keamanan dengan hewan berupa anjing) dari Polda Metro Jaya. 

Kedua anjing tersebut berwarna putih dan hitam yang terlihat sigap berjaga-jaga layaknya pihak keamanan. 
Salah satu petugas kepolisian, Brigadir Sopan mengatakan, kedua anjing tersebut berkelamin jantan dan betina yang memang khusus dilatih sebagai anjing pelacak.

"Yang jantan (berwarna putih) bernama Bule, betina (berwana hitam) namanya Lady," kata Sopan kepada Tigapilarnews.com, Minggu (18/6/2017).

Sopan menjelaskan, kedua anjing pelacak berjenis Labrador yang berusia 1,5 tahun tersebut layaknya seorang petugas keamanan. Bule dan Lady mempunyai jam bergantian berjaga atau berpatroli memutari stasiun.

"Kita patroli ada jam-jamnya, enggak setiap waktu, setiap pagi sekitar pukul 08.00 WIB, siang sekitar pukul 12.00 WIB, dan malam sekitar pukul 20.00 WIB," tandasnya.

Diwartakan sebelumnya, ada empat unit K9 akan berpatroli di sekitar Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen yang menjadi pusat keberangkatan para penumpang kereta api jarak jauh atau menengah dari wilayah Jakarta ke sejumlah daerah seperti Jawa Barat (Bandung dan Cirebon), Jawa Tengah (Semarang, Purwokerto, Jogyakarta dan Solo), dan Jawa Timur (Surabaya, Malang dan Madiun). 

"Itu mengantisipasi terhadap aksi-aksi yang tidak diinginkan, untuk lebaran ini kita diperkuat dengan 4 unit k9, kita operasionalkan digambir dua unit, di stasiun senen dua unit," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto saat dihubungi, Jumat (16/6/2017).


0 Komentar