Minggu, 18 Juni 2017 15:13 WIB

DPRD DKI Dukung Rencana Pembangunan Park and Ride di Jakarta

Editor : Hendrik Simorangkir
Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Tubagus Arief. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Rencana Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta membangun fasilitas park and ride di kawasan Grand Indonesia, Cempaka Mas, Glodok dan Roxy, didukung Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI. 

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Tubagus Arief menuturkan, penyediaan areal parkir merupakan salah satu solusi untuk mengurai kemacetan di Ibukota.

"Parkir liar yang tidak tertata rapi kerap menimbulkan kemacetan, sehingga fasilitas park and ride menjadi solusi tepat mengurai kemacetan," ujar Arief, Minggu (18/6/2017).

Hal senada diungkapkan Syarifuddin, anggota Komisi B DPRD DKI. Pembangunan fasilitas park and ride yang diiringi dengan pembenahan sarana tranpsortasi massal bisa merangsang masyarakat untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

"Warga akan beralih menggunakan transportasi massal karena faktor keamanan, nyaman dan murah. Alhasi, kemacetan Jakarta bisa dikurangi," kata Syarifuddin.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Budi Setiawan mengungkapkan, pembangunan park and ride di empat lokasi ini akan bekerja sama dengan pihak swasta tanpa menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Kita hanya memerlukan payung hukum. Saat ini sudah mulai dibahas BLUD Perparkiran," pungkas Budi. (ist)


0 Komentar