Minggu, 18 Juni 2017 18:31 WIB

Pengamanan Lebaran, Polda Banten Tangkap 10 Sampai 20 Preman Tiap Hari

Editor : Hendrik Simorangkir

SERANG, Tigapilarnews.com - Kapolda Banten, Brigjen Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, seluruh jajarannya di tingkat polres yang ada di wilayah hukum Polda Banten setiap hari mengamankan 10 hingga 20 orang preman.

"Rata-rata setiap polres 10 sampai dengan 20 (preman) diamankan. Cukup banyak yang ditangkap, walaupun mungkin yang bersangkutan (preman) belum melakukan tindak pidana," kata Sigit, Minggu (18/6/2017).

Ia menjelaskan, sejak ada intruksi Kapolri Jendral Tito Karnavian untuk memberantas aksi kejahatan jalanan, seperti premanisme, jajaran Polda Banten langsung membentuk kegiatan yang disebut Operasi Cipta Kondisi.

"Setiap hari kita melaksanakan razia di sejumlah titik, seperti terminal, pasar, dan lokasi-lokasi yang ada potensi kerawanan mengarah kepada street crime," jelasnya.

Mantan ajudan Presiden Joko Widod (Jokowi) itu mengungkapkan, dari razia yang dilaksanakan, belum ada yang dilakukan penahanan. Sebab, belum adanya indikasi yang mengarah kepada tindakkan kejahatan.

Listyo menambahkan, bila ada laporan dari masyarakat seperti melakukan tindakan pemaksaan untuk memberikan sejumlah uang dengan cara memkasa, maka itu masuk katagori pidana dan akan ditindak tegas. 

"Yang kita amankan itu, kita rekam identitasnya, alamatnya, fotonya, kita file. Jadi begitu terjadi sesuatu, kita mempunyai bank data," pungkasnya. (ist)


0 Komentar