Jumat, 23 Juni 2017 00:31 WIB

Ledakan Bom di Afghanistan, 20 Tewas

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi ledakan bom mobil. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sebuah bom mobil meledak di luar sebuah bank di Lashkar Gah, Ibu Kota provinsi Helmand, Afghanistan selatan.

Akibatnya, puluhan warga sipil dan anggota pasukan keamanan yang tengah menunggu gaji mereka tewas dan terluka.

Juru bicara gubernur provinsi, Omar Zwak mengatakan, setidaknya 20 orang telah terbunuh dan lebih dari 50 orang terluka.

Jumlah itu termasuk anggota polisi dan tentara, warga sipil dan staf cabang New Kabul Bank dimana serangan tersebut terjadi seperti dikutip dari Reuters, Kamis (22/06/2017).

Tidak ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. Namun kelompok pemberontak, termasuk Taliban, sebelumnya telah menjadikan bank sasaran serangan dimana polisi, tentara dan pegawai pemerintah lainnya menyimpan gaji mereka.

Insiden ini merupakan rangkaian terbaru yang telah menggarisbawahi situasi keamanan yang terus memburuk di Afghanistan, hampir tiga tahun setelah pasukan internasional mengakhiri misi tempur utama mereka pada tahun 2014.

Petugas darurat dan orang yang lewat mencoba untuk membantu orang-orang yang terluka, yang tergeletak di antara korban tewas. Ambulans dan mobil pribadi mengangkut korban ke rumah sakit.

Ledakan itu terjadi saat warga Afghanistan bersiap untuk merayakan hari raya Idul Fitri minggu depan yang menandai akhir bulan suci Ramadan.

Sementara serangan tingkat tinggi di ibukota, Kabul, telah menjadi berita utama, ada puluhan insiden serupa di pusat provinsi di Afghanistan dalam beberapa bulan terakhir.

Helmand, salah satu sentra utama dunia opium dan jantung tradisional kelompok Taliban, berada di bawah tekanan berat dengan sebagian besar provinsi di tangan para pemberontak.(exe/ist)

 


0 Komentar