Jumat, 23 Juni 2017 14:22 WIB

Layanan Kesehatan di Jakarta Tetap Buka Selama Libur Lebaran

Reporter : Evi Ariska Editor : Hendrik Simorangkir

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sehubungan dengan libur Idul Fitri 1428H/2017 dan semakin meningkatnya arus mudik dari dan ke Jakarta, maka Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melakukan serangkaian program untuk menunjang kenyamanan selama libur lebaran ini. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Koesmedi mengatakan, serangkaian program tersebut berupa pelayanan kesehatan di seluruh puskesmas kelurahan Provinsi DKI Jakarta selama masa cuti bersama tanggal 23, 27-30 Juni 2017.

Tak hanya tingkat kelurahan, pihaknya juga melakukan pelayanan kesehatan di puskesmas kecamatan seluruh Provinsi DKI Jakarta melalui poli layanan 24 jam dan pelayanan kesehatan gawat darurat di 26 RSUD tipe A, B dan D yang tersebar di seluruh Provinsi DKI Jakarta selama 24 Jam.

"Ada juga pelayanan kesehatan poli rawat jalan di seluruh RSUD pada masa cuti bersama tanggal 23, 27-30 Juni 2017 dan menyiapkan tim gawat darurat dan evakuasi medik untuk antisipasi terjadinya kecelakaan dan kondisi darurat lainnya," ujar Koesmedi, Jumat (23/6/2017).

Bahkan, petugas kesehatan dan ambulans di terminal juga disediakan terhitung sejak H-10 hingga H+7 (Untuk terminal Kalideres, Kp. Rambutan dan Pulo Gebang), H-7 sampai dengan H+3 (Untuk terminal bayangan). 

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan Dinas Kesehatan ini semata-mata sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan komunikasi informasi dan edukasi tentang pentingnya penerapan perilaku hidup bersih dan sehat sehari hari termasuk pada waktu mudik Lebaran pun dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk deteksi dini faktor resiko kecelakaan pada pengemudi bus AKAP di terminal mulai H-10 hingga H+7 Lebaran juga memantau langsung kondisi kebersihan lingkungan di Stasiun dan Terminal.

"Menerjunkan total 1.244 personel dalam rangka dukungan kesehatan lapangan selama libur Idul Fitri 1438 H/2017 yang tersebar di 34 pos kesehatan statis dan 10 pos kesehatan AGD mobile," tutupnya.

Untuk memaksimalkan pelayanan selama libur lebaran, informasi kegiatan mudik lebaran dapat diperoleh melalui info Bidang Pelayana Kesehatan Dinas Kesehatan melalui nomor 021-34833716 atau email : yankeskeahlian@gmail.com

Untuk kegawatdaruratan medik dapat menghubungi AGD Dinas kesehatan 119  dan 112 yang siap melayani 24 jam.


0 Komentar