Senin, 26 Juni 2017 21:11 WIB

Hendak Bersandar, Kapal Port Link Tabrak Dermaga 3 Pelabuhan Merak

Editor : Hendrik Simorangkir
Kapal Port Link Tabrak Dermaga 3 Pelabuhan Merak. (ist)

CILEGON, Tigapilarnews.com - Dermaga III Pelabuhan Merak dihantam Kapal Port Link III saat akan sandar. Akibatnya, lambung kapal rusak dan nyaris berlubang.

"Konfirmasi ke Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) saja. Soalnya itu wewenang mereka. Untuk arus penumpang tidak memengaruhi dan korban tidak ada," kata Kepala Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan (KSKP) Merak, AKP Tesyar, Senin (26/06/2017).

Pihak PT ASDP Ferry Indonesia selaku pengelola Pelabuhan Merak mengaku belum mengetahui kejadian tersebut.

"Saya belum dapat informasi, nanti saya kabarin," kata Sekretaris PT ASDP Ferry Indonesia, Kusnadi.

Sementara itu, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Merak saat ini sedang menyelidiki insiden Kapal Port Link III yang menabrak Dermaga III Pelabuhan Merak.

"Untuk kerusakan kapal masih dalam pemeriksaan Syahbandar. Kapal sudah kita perintahkan keluar lintasan," ujar Kepala Otoritas Pelabuhan dan Penyeberangan (OPP) Merak, Harno Trimasi.

Harno menjelaskan, puncak arus balik yang diprediksi akan terjadi Jumat (30/6/2017), seluruh prosesnya merupakan kewenangan PT ASDP Merak yang akan menjamin kelancarannya.

"Pihak ASDP berjanji hari Kamis (29/6/2017) perbaikan selesai, karena prediksi kita puncak arus balik terjadi Jumat (30/6/2017) malam," jelasnya.

Untuk sementara waktu, guna mencegah penumpukkan pemudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, kapal Roro berukuran kecil dioperasikan terlebih dahulu.

"Kita operasikan kapal-kapal kecil di dermaga tiga yang cukup dengan lima fender untuk sandar. Dari 10 fender, tiga fender jatuh dan rusak," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kapal Port Link saat akan sandar di Dermaga III Pelabuhan Merak menabrak dermaga. Tiga dari sepuluh fender (bantalan sandar kapal) rusak dan mengakibatkan lubang di lambung kapal. (ist)


0 Komentar