Rabu, 28 Juni 2017 17:08 WIB

Maskapai Jepang Paksa Penumpang Lumpuh Merangkak di Tangga Pesawat

Editor : Hendrik Simorangkir
Ilustrasi Vanilla Air

TOKYO, Tigapilarnews.com - Sebuah maskapai Jepang, Rabu (28/6/2017), meminta maaf karena memaksa seorang penumpang pria berkursi roda merangkak naik tangga untuk naik pesawat. Penumpang yang menderita lumpuh itu bernama Hideto Kijima (44).

Insiden tersebut terjadi bulan lalu ketika Kijima pulang ke Osaka dari liburan di Amami, sebuah pulau kecil di wilayah Jepang selatan. Saat akan naik pesawat, seorang karyawan Vanilla Air mengatakan kepadanya bahwa peraturan keselamatan perusahaan melarang siapa pun untuk membawanya menaiki tangga.

Tidak ada lift di bandara kecil di Amami untuk memindahkan penumpang penyandang cacat dari landasan ke pintu pesawat.

Kijima, yang menderita lumpuh dari pinggang ke bawah, mengatakan dalam sebuah blog bahwa dia terpaksa merangkak menaiki tangga hanya dengan menggunakan lengannya.

Surat kabar Asahi melaporkan, pria itu merangkak naik tangga 17 langkah.

Vanilla Air anak maskapai All Nippon Airways, akhirnya meminta maaf kepada Kijima. "Kami minta maaf karena kami menyebabkan dia mengalami kesulitan," kata pihak maskapai melalui seorang juru bicara kepada AFP, Rabu (28/6/2017). 

Sejak kejadian yang dialami Kijima, semua pesawat dari maskapai itu diwajibkan untuk memasang lift bagi para pelanggan penyandang cacat di bandara.

Kijima yang kerap bepergian ke luar Jepang mengatakan kepada Nippon TV, dirinya terkejut dengan ucapan kru pesawat saat itu. Kru tersebut mengatakan kepadanya bahwa dia tidak akan bisa terbang dengan pesawat jika dia tidak dapat berjalan menaiki tangga.

"Saya bertanya-tanya apakah karyawan bandara tidak menganggapnya salah," pungkas Kijima. 


0 Komentar