Minggu, 02 Juli 2017 12:26 WIB

Chelsea Ketiban Untung Rp2,2 Triliun

Editor : Yusuf Ibrahim
Suporter Chelsea. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Chelsea mengawali bursa transfer musim panas dengan pendapatan 128,3 juta pound atau setara Rp2,2 triliun.

Uang sebanyak itu mereka kantongi dari penjualan sejumlah pemainnya sejak awal tahun hingga dibukanya bursa transfer musim panas 2017.

Pada Januari lalu Chelsea melepas Oscar Emboaba Junior, John Obi Mikel, Marco Amelia, Patrick Bamford dan Branislav Ivanovic.

Dari lima nama tersebut, hanya kepindahan Oscar dan Bamford yang menghasilkan uang. Oscar dijual ke Shanghai SIPG dengan nilai transfer 60 juta pounds. Sementara Bamford dibeli Middlesbrough dengan harga 6 juta pounds.

Tiga nama lainnya didepak dengan status bebas transfer alias kesepakatan bersama untuk menyudahi kontrak. Amelia hengkang ke Vicenza, Obi Mikel pindah ke Tianjin Teda dan Ivanovic berlabuh di Zenit St Petersburg.

Aktivitas transfer Chelsea berlanjut saat kompetisi musim 2016/2017 selesai digulirkan. Mereka mengawalinya dengan melepas Asmir Begovic ke Bournemouth dan Juan Cuadrado ke Juventus.

Begovic dijual dengan harga 10 juta pounds. Sementara penjualan Cuadrado menghasilkan 17,3 juta pounds.

Selanjutnya tim asuhan Antonio Conte melepas Dominic Solanke secara gratis ke Liverpool. Kemudian Christian Atsu ikut dibuang dan Newcastle United bersedia menampungnya setelah mengeluarakan biaya 6 juta pounds.

Nathan Ake dan Bertrand Traore juga  menjadi korban dari kebijakan transfer Chelsea. Ake pindah ke Bournemouth dengan nilai transfer 20 juta pounds, sedangkan Traore ditebus Lyon dengan mahar 8,8 juta pounds.

Kegiatan melepas pemain sepertinya tak berakhir sampai di situ. Dengan memanfaatkan jendela transfer musim panas yang dibuka dari 1 Juli hingga 31 Agustus 2017 mendatang, Chelsea akan terus mendepak pemainnya, baik secara pinjaman, dijual atau pemutusan kontrak.

Nama-nama seperti Baba Rahman, Lucas Piazon, Marko Van Ginkel, Loic Remy, Tomas Kalas, Cristian Cuevas, Matej Delac, Matt Miazga, Nathan de Souza dan Michael Hector kemungkinan besar tak akan dilirik oleh Conte.

Sebab pelatih kebangsaan Italia itu sudah menyusun daftar belanja pemain baru. Sejumlah nama pemain bintang seperti Alex Sandro (Juventus), Antonio Rudiger (AS Roma), Tiemoue Bakayoko (AS Monaco) dan Romelu Lukaku (Everton) kabarnya sedang dibidik oleh kubu The Roman Emperor.(exe/ist)


0 Komentar