Minggu, 02 Juli 2017 12:50 WIB

DPR Sambut Baik Penundaan Lelang Gula Refinasi

Reporter : Bili Achmad Editor : Hendrik Simorangkir
Wakil Ketua Komisi VI DPR fraksi Hanura, Inas Nasrullah Zubir. (Bili)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Wakil Ketua Komisi VI DPR fraksi Hanura, Inas Nasrullah Zubir menyambut baik langkah Kementerian Perdagangan yang menunda lelang gula refinasi.

Menurutnya, lelang gula rafinasi hanya akan berujung pada lahirnya model tengkulak baru yang justru bukannya membantu pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

"Lagi pula, apakah lelang adalah satu-satunya cara agar UKM dapat dengan mudah mengakses gula rafinasi, padahal bisa juga diatur melalui Bulog," ujar Inas, Minggu (2/7/2017). 

Selain itu, penundaan lelang tersebut tepat lantaran kebutuhan gula para pelaku UKM saat ini hanya dibawah 1 ton. Sedangkan lelang mengharuskan membeli minimum 1 ton. 

"Tentunya akan ada pihak ketiga dengan modal kuat yang akan menjadi peserta lelang lalu mendistribusikan kepada UKM. Pihak ketiga tersebut bisa saja berbentuk koperasi," katanya. 

Seperti diketahui, Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita menyatakan, pelaksanaan penjualan gula rafinasi lewat sistem lelang ditunda untuk sementara waktu. Menurutnya, lelang gula rafinasi akan tetap diwajibkan setelah proses evaluasi selesai.


0 Komentar