Rabu, 05 Juli 2017 15:31 WIB

Bawang putih Asal Cina Beredar di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Editor : Rajaman
Pedagang bawang putih. (foto istimewa)

NUNUKAN, Tigapilarnews.com - Bawang putih berasal dari Cina beredar di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Bawang tersebut dipasok dari Makassar, Sulsel.

Agen bumbu masak di Pasar Inhutani, Kabupaten Nunukan, Sahabuddin mengaku tidak tahu-menahu asal usul bawang putih yang diedarkannya selama ini.

Dia menyatakan, sepengetahuannya bawang putih itu didatangkan dari Makassar melalui pengusaha setempat telah menjadi relasinya sejak beberapa tahun silam.

"Saya tahu bawang putih ini dari Makassar, Sulsel. Saya datangkan melalui pengusaha di sana menggunakan kapal," ujar Sahabuddin, Rabu (5/7/2017).

Sebagai pedagang, dia tidak mempermasalahkan asal usul barang yang diperjualbelikan asalkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah perbatasan RI-Malaysia, karena dipasok pula ke pelosok-pelosok melalui pedagang eceran.

Sahabuddin mengaku, telah lama berhubungan bisnis dengan pengusaha di Makassar untuk memasok ke Kabupaten Nunukan. Namun tidak pernah menanyakan asal usulnya.

Bawang putih yang diedarkan selama ini kualitasnya sangat baik karena bisa tahan hingga berhari-hari tidak membusuk. "Kualitas bawang putih ini sangat bagus karena tidak cepat membusuk," kata dia pula.

Bawang putih asal Cina tersebut dipasarkan secara eceran sebesar Rp 30.000 per kilogram. 

sumber: antara


0 Komentar