Kamis, 06 Juli 2017 17:43 WIB

Penanganan Antisipasi Banjir Terus Dikebut

Editor : Hermawan
Kepala Dinas SDA, Teguh Hendrawan. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta melakukan beberapa langkah dan upaya antisipasi datangnya musim penghujan yang diperkirakan puncaknya terjadi pada Oktober 2017. 

Kepala Dinas SDA, Teguh Hendrawan mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan pekerja harian lepas (PHL), atau yang dikenal dengan pasukan biru, untuk mengeruk sedimen lumpur yang ada di waduk, situ atau embung di seluruh wilayah Jakarta.

"Pasukan biru masih terus kerja. Justru di musim kemarau ini kita keruk lumpur dan sedimen pakai alat-alat berat. Kami semua kerja," ujar Teguh, Kamis (6/7/2017).  

Teguh menjelaskan, pihaknya juga sedang melakukan normalisasi waduk serta saluran air dan memperbaiki sejumlah turap yang rusak. 

"Kemarau justru kami kejar, yang kemarin ada genangan kami kerjain. Seperti pengerukan, pengurasan, perbaikan turap, normalisasi waduk, situ dan embung di seluruh wilayah Jakarta. Di musim kemarau kami kerja keras untuk antisipasi terjadinya genangan saat musim penghujan nanti," kata Teguh.  

Dia menuturkan, Dinas SDA juga rutin melakukan pengecekan pompa air yang ada di rumah pompa. Tercatat ada sekitar 451 pompa air stasioner yang ada di 154 rumah pompa.

"Kondisinya hampir 99 persen bagus," imbuhnya.

 


0 Komentar