Jumat, 07 Juli 2017 13:06 WIB

Kerusuhan di Penjara Meksiko, 28 Orang Tewas

Editor : Sandi T
Ilustrasi. (ist)

MEXICO CITY, Tigapilarnews.com - Sebanyak 28 orang tewas dalam kerusuhan antar geng yang bersaing di satu penjara pada Kamis (6/7/2017) di satu penjara di Negara Bagian Guerrero, Meksiko Selatan, menurut pemerintah lokal.

Pemerintah negara bagian tersebut memperbarui keterangan mengenai jumlah korban jiwa dari lima menjadi 28 setelah polisi memeriksa penjara itu. Tiga tahanan lagi menderita luka ringan.

Dalam satu taklimat, Juru Bicara Keamanan Guerrero Roberto Alvarez Heredia, mengatakan perkelahian mulai terjadi sekitar pukul 04.00 waktu setempat di Penjara Las Cruces di Acapulco. Bentrokan terjadi di Blok 1, Blok 3, dan di halaman.

Sejauh ini belum ada keterangan mengenai identitas orang yang tewas tapi Heredia mengatakan keluarga mereka akan diberitahu lebih dulu. Ia menyatakan bentrokan tersebut telah padamkan setelah polisi menguasai penjara itu dan tak ada tahanan yang melarikan diri.

"Peristiwa tersebut terjadi akibat persaingan lama antara kelompok yang bertikai di dalam penjara itu," kata Heredia sebagaimana dikutip kantor berita Xinhua.

Gubernur Guerrero Hector Astudillo Flores telah mengeluarkan instruksikan agar "bentrokan diselidiki sampai ke akarnya dan hukum sepenuhnya ditegakkan atas mereka yang bertanggung-jawab.

Heredia menambahkan, "Penyelidikan akan mencakup semua pegawai negeri di dalam sistem penjara."

Penjara itu adalah yang paling padat di Guerrero, dengan 2.100 penghuni menurut data statistik Pemerintah Meksiko.

sumber: antara


0 Komentar