Senin, 10 Juli 2017 15:31 WIB

Singapura Tawarkan Bantuan Restorasi Lahan Gambut di Sumatera Selatan

Editor : Hendrik Simorangkir
Restorasi Lahan Gambut di Sumatera Selatan. (ist)

PALEMBANG, Tigapilarnews.com - Pemerintah Singapura menawarkan bantuan kepada pemerintah daerah Sumatera Selatan untuk merestorasi lahan gambut di daerah itu agar semakin produktif.

Keinginan Singapura tersebut disampaikan oleh Bupati Musi Banyuasin, Sumsel Dodi Reza Alex usai bertemu Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Air Singapura M Zulkipli Bin M Mohamad di Palembang, Senin (10/7/2017).

Menurut Dodi, bantuan tersebut berupa peningkatan kapasitas sumber daya manusia di provinsi itu melalui pelatihan pengelolaan lahan gambut.

Dodi menambahkan, tawaran tersebut berdasarkan pada pertemuan menteri Zulkipli dengan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Selain Dodi, gubernur juga mengundang Bupati Ogan Komering Ilir untuk bertemu Menteri Zulkipli membahas pelatihan pengelolaan gambut.

Ia menjelaskan, Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Ogan Komering Ilir diundang mengikuti pertemuan karena kedua wilayah itu memiliki banyak lahan gambut.

Tawaran bantuan itu, Dodi menuturkan, juga untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan dalam jangka panjang.

Sementara itu, Dodi juga menawarkan investasi kepada pihak Singapura mengingat luasnya area lahan gambut di kabupaten tersebut.

 

Sumber: antara


0 Komentar