Kamis, 13 Juli 2017 15:35 WIB

Tanpa Alasan Jelas, Sejumlah Pemuda Lempari Permukiman Warga di Karawang

Editor : Hendrik Simorangkir
Ilustrasi

KARAWANG, Tigapilarnews.com - Tanpa alasan yang jelas, sejumlah pemuda melempari batu dan botol ke permukiman warga Dusun Pedes, Desa Payungsari, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (13/7/2017). 

Aksi nekat itu nyaris saja memicu terjadinya perkelahian antarkampung karena pelaku pelemparan diketahui dari dusun yang berbeda, yakni Dusun Bayur.

Kejadian tersebut berawal dari salah seorang pemuda Dusun Bayur yang memecahkan botol di Jalan Raya Dusun Pedes. Pelaku tiba-tiba saja menyerang ke Dusun Pedes sambil melempar batu dan botol ke arah permukiman warga Dusun Pedes. Beruntung saat itu pemuda Dusun Pedes tidak melakukan perlawanan sehinga tidak terjadi keributan.

Namun, para pelaku terus berupaya memancing emosi pemuda Dusun Pedes dengan kembali melempari batu, botol dan petasan. Aksi yang tak juga dihentikan itu hampir saja menyulut emosi pemuda Dusun Pedes. 

Sementara itu, sejumlah anggota Polsek Pedes dengan cepat mengendalikan situasi sehingga aksi balasan tidak sempat terjadi. Para pelaku berhasi dihalau petugas untuk menjauh dari lokasi kejadian.

"Situasi sampai saat ini masih kondusif dan massa dari kedua dusun sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Kapolsek Pedes dan Kanit Intel masih standby di lokasi," ujar Kapolres Karawang, AKBP Ade Ary Syam, Kamis (13/7/2017).

Ade mengaku prihatin dengan adanya peristiwa itu. Sebab pemuda dua dusun pada desa yang sama tidak bisa hidup berdampingan dan rukun. Apalagi keributan antarwarga di Desa Payungsari merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya saat bulan suci Ramadan juga terjadi konflik di antara mereka.

"Keamanan merupakan pilihan. Jika masyarakat ingin aman, mari kita bersama-sama menciptakan situasi keamanan yang baik. Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, asalkan semua bekerja sama dan bersungguh-sungguh," pungkasnya. (ist)


0 Komentar